• Minggu, 2 Oktober 2022

Sat Samapta Polres Karanganyar gelar pelatihan SAR air untuk tingkatkan kemampuan personel

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:00 WIB
Latihan SAR air Sat Samapta Polres Karanganyar.  (Abdul Alim)
Latihan SAR air Sat Samapta Polres Karanganyar. (Abdul Alim)

HARIAN MERAPI - Sebanyak 22 personel Sat Samapta Polres Karanganyar melaksanakan pelatihan SAR Air di Telaga Madirda, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kamis (4/8/2022) pagi.

Pelatihan ini dipimpin langsung oleh Kasat Samapta Polres Karanganyar, AKP Gatot Gondo Hartoyo bersama anggota senior Sat Samapta yang memiliki spesifikasi SAR.

Pelatihan diawali dengan memberikan materi teknik evakuasi atau penyelamatan korban laka air sesuai dengan standar prosedur yang ada, sehingga aman bagi korban dan petugas SAR.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta gelar jamasan pusaka Tombak Kyai Wijaya Mukti di bulan Suro sebagai upaya lestarikan budaya

Selanjutnya, 22 bintara Samapta ini diberikan pelatihan untuk pengoperasian perahu SAR yang dimiliki oleh Polres Karanganyar, selain itu juga melakukan praktik langsung di telaga.

“Samapta Polres Karanganyar memiliki perlengkapan SAR air yang lumayan lengkap, sehingga setiap personel harus dapat menguasai atau mengoperasikannya,” ungkap Kasat Samapta di lokasi pelatihan.

Kemudian, setiap anggota diberikan praktik penyelamatan korban laka air, antara lain cara membawa korban saat di dalam air, dan cara mengangkat korban ke atas kapal dengan cara yang benar dan tepat.

Baca Juga: Culik anjing Lady Gaga dihukum empat tahun penjara, ini kisahnya

“Ingat, ketika ada kejadian laka air, tetap perhatikan keselamatan diri sendiri dan tim. Tetap fokus dan pahami prosedur yang ada, agar pelaksanakan operasi penyelamatan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dishub Sukoharjo temukan angkudes naikkan tarif

Kamis, 22 September 2022 | 17:50 WIB
X