• Kamis, 1 Desember 2022

Pemkot Yogyakarta gelar jamasan pusaka Tombak Kyai Wijaya Mukti di bulan Suro sebagai upaya lestarikan budaya

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:15 WIB
Jamasan pusaka milik Pemkot Yogyakarta Tombak Kyai Wijaya Mukti di kompleks Balai Kota Yogyakarta, Kamis (4/8/2022) . (Humas Pemkot Yogyakarta)
Jamasan pusaka milik Pemkot Yogyakarta Tombak Kyai Wijaya Mukti di kompleks Balai Kota Yogyakarta, Kamis (4/8/2022) . (Humas Pemkot Yogyakarta)

HARIAN MERAPI - Setiap bulan Suro, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyelenggarakan jamasan pusaka sebagai upaya melestarikan budaya.

Adapun jamasan pusaka untuk Tombak Kyai Wijaya Mukti milik Pemkot Yogyakarta pada bulan Suro tahun ini dilakukan kompleks Balai Kota Yogyakarta pada Kamis (4/8/2022).

Jamasan pusaka milik Pemkot Yogyakarta ini dilakukan rutin setiap bulan Suro setiap tahun. Namun untuk kali ini digelar lebih meriah dibanding dua tahun terakhir.

Baca Juga: Jamasan pusaka di Bulan Suro, tiap keris sajennya berbeda, ini urutannya

Kemeriahan jamasan pusaka Pemkot Yogyakarta pada bulan Suro tahun ini karena kondisi pandemi Covid-19 mulai melandai tak seperti dua tahun terakhir yang digelar secara terbatas.

Dalam jamasan pusaka milik Pemkot Yogyakarta pada bulan Suro kali ini bertindak sebagai cucuk lampah adalah abdi dalem Kraton Yogyakarta KMT Harjosohaditaruno.

"Inti sari dari kegiatan prosesi jamasan tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, kami menyelenggarakan dengan lebih meriah tahun ini karena kondisi pandemi dinilai lebih landai," kata KMT Harjosohaditaruno, Kamis (4/8/2022).

Kemeriahan penyelenggaraan prosesi jamasan pusaka Tombak Kyai Wijaya Mukti tahun ini ditandai dengan penyelenggaraan kirab pusaka yang menempuh jarak lebih panjang dibanding tahun lalu serta adanya iringan musik gamelan selama prosesi berlangsung.

Baca Juga: Culik anjing Lady Gaga dihukum empat tahun penjara, ini kisahnya

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X