Goweser tak perlu takut kesasar, Pemkot Jogja tambah papan penanda rute sepeda wisata

- Minggu, 17 Juli 2022 | 18:40 WIB
Papan penanda atau signage untuk program sepeda wisata Monalisa di Jogja. (ANTARA/Eka AR )
Papan penanda atau signage untuk program sepeda wisata Monalisa di Jogja. (ANTARA/Eka AR )

JOGJA, harianmerapi.com - Dinas Pariwisata Kota Jogja menambah sejumlah papan penanda atau signage untuk memudahkan para pesepeda menyusuri rute-rute sepeda wisata Monalisa secara mandiri tanpa khawatir tersesat.

"Sudah ada signage-signage yang kami pasang. Jadi, akan memudahkan pesepeda dan tidak akan tersesat karena tiap tikungan ada penandanya," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja Wahyu Hendratmoko, Jumat (16/7/2022), dilansir dari Antara.

Menurut Wahyu, jumlah papan penanda rute Monalisa akan terus ditambah di beberapa titik namun ia meyakini jika penanda yang terpasang sudah akan memudahkan pesepeda untuk menyusuri rute yang benar.

Baca Juga: Lokasi CCTV ETLE Terbaru di Jogja, Simak Cara Mengecek Data Tilang Elektronik Serta Dendanya

Dinas Pariwisata Kota Jogja mengenalkan rute sepeda wisata dengan nama Monalisa pada tahun lalu. Sesuai namanya, maka konsep yang diusung adalah mengajak wisatawan untuk menikmati harmoni Jogja dengan lima jalur sepeda wisata.

Kelima jalur sepeda wisata yang ditawarkan, lanjut Wahyu, dinilai cukup mewakili semua daerah atau kampung yang ada di Kota Yogyakarta bahkan dalam penyusunan rute juga melibatkan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK).

Setiap jalur memiliki tema yang berbeda-beda, yaitu Romansa Kota Lawas dengan panjang 12 km, Tilik Jeron Beteng 8,8 km, Jajah Kampung Susur Sungai 6,7 km, Jelajah Harmoni Pesona Kampung 6,5km dan Taman Pintar Taman Budaya 6,1 km.

Baca Juga: Lokasi CCTV ETLE Terbaru di Jogja, Ini 6 Jenis Pelanggaran Lalu Lintas yang Kena Tilang Elektronik

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta juga sudah menyusun paket wisata untuk Yogowes Monalisa dengan mengajak Himpunan Pramuwisata Indonesia Kota Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X