• Kamis, 29 September 2022

Limbah jagung disulap jadi produk rumah tangga, pemasaran tembus ke Amerika

- Senin, 1 Agustus 2022 | 19:30 WIB
Produk-produk kerajinan berbahan janggel yang diproduksi Ade.  (Foto : Amin Kuntari)
Produk-produk kerajinan berbahan janggel yang diproduksi Ade. (Foto : Amin Kuntari)

 

KULON PROGO, harianmerapi.com - Berangkat dari keprihatinan akan banyaknya limbah tongkol jagung dari para petani, seorang pemuda di Kulon Progo menjadikannya sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan.

Namun tanpa diduga, produk yang dihasilkan pemuda ini justru diminati konsumen mancanegara hingga mengantarkannya meraih kesuksesan di usia muda.

Pemuda kreatif yang berhasil menyulap tongkol jagung menjadi kerajinan tangan adalah Ade Kurniawan, warga Dusun Ngaliyan, Ngargosari, Samigaluh.

Baca Juga: Kejadian horor setelah pohon cangkring yang angker di kebun belakang rumah ditebang

Pemuda berusia 21 tahun ini mengubah limbah tersebut menjadi berbagai produk kerajinan, di antaranya sandal terapi, tempat tisu, cerutu, lukisan, kursi dan meja, lampu gantung, lampu tidur, hiasan dinding, hingga miniatur bangunan.

"Produk yang paling laku adalah kerajinan untuk keperluan rumah tangga seperti tempat tisu, tatakan gelas dan asbak. Di bandara, produk ini juga laris dibeli konsumen," kata Ade saat disambangi wartawan di rumah produksinya, baru-baru ini.

Produksi kerajinan tangan berbahan tongkol jagung milik Ade diberi nama Craft Imagination Product (CIP) Janggel. Ia kemudian bercerita tentang awal mula pendirian CIP empat tahun lalu. Saat itu, Ade masih duduk di bangku SMA.

"Saya merasa prihatin karena janggel hanya menjadi sampah bagi para petani yang kemudian dimusnahkan. Proses pemusnahan juga dilakukan dengan cara dibakar sehingga berisiko memicu polusi udara," ucapnya.

Baca Juga: Beredar surat edaran terkait PTM terbaru, isinya apa saja?

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekda Kulon Progo dijabat Triyono

Selasa, 20 September 2022 | 21:56 WIB

Teteg wetan resmi ditutup, pengendara mengeluh jauh

Selasa, 20 September 2022 | 21:45 WIB

Karya Bakti TNI buka akses transportasi di Girinyono

Senin, 5 September 2022 | 19:45 WIB

Puluhan seniman mainkan gamelan keliling Kulon Progo

Jumat, 26 Agustus 2022 | 20:30 WIB
X