Tim Abdimas UNY tingkatkan literasi digital di Baturetno dan manajemen BUMDes Retno Sembodo

- Senin, 1 Agustus 2022 | 09:30 WIB
Tim Abdimas UNY saat menggelar pelatihan tata kelola BUMDes Retno Sembodo di Baturetno.  (Foto : Dok Tim Abdimas UNY)
Tim Abdimas UNY saat menggelar pelatihan tata kelola BUMDes Retno Sembodo di Baturetno. (Foto : Dok Tim Abdimas UNY)

HARIAN MERAPI - Baturetno adalah kalurahan atau desa yang berada di kapanewon Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada 2018 silam, sejumlah tokoh masyarakat di Baturetno membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bernama Retno Sembodo.

Tujuan dibentuknya Retno Sembodo antara lain sebagai usaha untuk mengelola beragam potensi yang ada di Baturetno, sehingga menghasilkan sumber daya ekonomi bagi kalurahan setempat dan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Mulai 1 Agustus KPU buka pendaftaran calon parpol peserta Pemilu 2024

Retno Sembodo antara lain banyak mengelola penjualan sembako, alat tulis, unit usaha pengelolaan sampah serta katering. Hanya saja dalam perjalanannya menemui berbagai kendala dan tantangan.

Hal tersebut menjadikan perkembangan BUMDes Retno Sembodo belum maksimal, seperti kurangnya kemampuan tata kelola organisasi.

Bahkan masih rendahnya literasi digital dan literasi keuangan dari SDM terkait. Ditambah lagi pemahaman masyarakat terkait konsep kewirausahaan juga masih rendah.

Baca Juga: Alasan efektivitas dan efisiensi penyidikan, Bareskrim tangani seluruh laporan kasus kematian Brigadir J

Beberapa latar belakang tersebut mendorong tim pengabdian masyarakat (Abdimas) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan program penyuluhan dan pendampingan untuk memberikan solusi dari beberapa kendala dan tantangan yang terjadi.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X