• Sabtu, 25 Juni 2022

Pengusutan Dugaan Korupsi Dana BUMDes Berjo Karanganyar, Giliran Kades dan Anggota DPRD Diperiksa Kejaksaan

- Jumat, 13 Mei 2022 | 13:45 WIB
Pemeriksaan saksi di Kejari Karanganyar (foto:Abdul Alim)
Pemeriksaan saksi di Kejari Karanganyar (foto:Abdul Alim)

KARANGANYAR,harianmerapi.com-Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar memanggil Kades Berjo Kecamatan Ngargoyoso Suyatno dan seorang anggota DPRD Kabupaten Karanganyar dari Fraksi Golkar, Suyanto. Pemanggilan tersebut terkait kasus dugaan korupsi pengelolaan dana BUMDes Berjo.

Kasi Pidsus Kejari Karanganyar, Tubagus Gilang Hidayatullah mengatakan pemanggilan terhadap para saksi untuk mendalami peran mereka dalam penggunaan dana BUMDes.

Kades Suyatno diperiksa untuk kali ketiga sejak pengumpulan data dan keterangan oleh Kasi Intel Guyus Kemal. Sedangkan Anggota DPRD dari Fraksi Golkar, Suyanto baru kali pertama.
"Kemarin (Rabu, 11/5/2022) memeriksa Kades Berjo dan lainnya. Pemeriksaan mulai pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB," kata Gilang, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Penyelidikan Kejari Karanganyar Terhadap Kasus BUMDes Berjo Karanganyar Selesai

Dalam gelar perkara oleh Kejari terkait pengelolaan dana BUMDes itu, terdapat indikasi kerugian negara. Kemudian para petugas adyaksa akan menelusuri adanya perbuatan melawan hukum yang mengakibatkan kerugian tersebut.

Dia mengatakan 10 orang sudah dimintai keterangan hingga Rabu kemarin. Selain perangkat desa, pengurus BUMDes, pemeriksaan akan dilakukan terhadap Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraha (Disparpora) Karanganyar.

Di samping pemeriksaan saksi, pihaknya juga menggandeng instansi luar, dalam hal ini Inspektorat Daerah Karanganyar untuk menghitung dan mengaudit kerugian negara.

Ihwal aliran dana BUMDes Berjo ke mana saja dan digunakan untuk apa, Kajari Karanganyar Mulyadi Sajaen mengatakan masih mendalami.

Baca Juga: Jadi Saksi Kasus Dugaan Korupsi BUMDes, Kades Berjo Karanganyar Akhirnya Penuhi Panggilan Kejaksaan

Termasuk soal aliran dana kepada pihak-pihak yang disebut-sebut konsultan hukum dalam kasus tersebut.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X