• Selasa, 9 Agustus 2022

Baznas Sukoharjo Kirim Pesan untuk 250 Anak Peserta Khitanan Massal: Belajarlah yang Rajin

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 15:50 WIB
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat bersama anak-anak peserta khitanan massal yang diselenggarakan Baznas Sukoharjo.  (Foto: Wahyu imam ibadi)
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat bersama anak-anak peserta khitanan massal yang diselenggarakan Baznas Sukoharjo. (Foto: Wahyu imam ibadi)


SUKOHARJO,harianmerapi.com- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan khitanan massal gratis. Kegiatan digelar di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Sabtu (2/7/2022). Total ada 250 anak ikut serta yang berasal dari 12 kecamatan.

Ketua Baznas Sukoharjo Sardiyono, mengatakan, khitanan massal gratis diselenggarakan Baznas Sukoharjo dalam rangka program Sukoharjo Sehat.

Baznas Sukoharjo menyelenggarakan khitanan massal sekarang sebagai agenda rutin tahunan bersamaan dengan momen libur sekolah.

Total ada 250 anak dari 12 kecamatan ikut serta dalam kegiatan khitanan massal yang diselenggarakan Baznas Sukoharjo. Anak-anak tersebut usai mengikuti khitanan massal mendapat paket berupa sarung, baju koko, kopiah, tas, alat tulis, uang saku dan sovenir.

Baca Juga: Ridwan Kamil Beri Masukan Agar Ada Acara Kreatif untuk Populerkan Empat Isu Prioritas dalam KTT Y20

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, sebagaimana diketahui bersama khitan adalah salah satu bagian dari syariat agama dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki.

Dari pandangan agama, fungsi dari khitan adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.

Sedangkan secara medis, khitan mempunyai faedah yang sangat penting yaitu untuk membuang bagian dari anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, bakteri dan lain-lain yang dapat membahayakan kesehatan.

"Untuk itu sekali lagi saya sangat mengapresiasi kepada Baznas Sukoharjo atas penyelenggaraan kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan semacam ini dapat terus dijadikan agenda rutin tahunan dan terus ditingkatkan dalam pelayanannya," ujarnya.

Etik Suryani menambahkan, kegiatan khitanan massal ini sangat tepat karena bersamaan dengan liburan sekolah. Barangkali banyak masyarakat yang sudah menunggu khitanan massal yang diselenggarakan Baznas Sukoharjo.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X