• Selasa, 9 Agustus 2022

Pemkab Sukoharjo Tingkatkan Hasil Panen Jagung dan Kedelai

- Jumat, 1 Juli 2022 | 19:55 WIB
Petani panen jagung di wilayah Kecamatan Grogol beberapa waktu lalu.  (Wahyu Imam Ibadi)
Petani panen jagung di wilayah Kecamatan Grogol beberapa waktu lalu. (Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO, harianmerapi.com - Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo terus meningkatkan perluasan dan pemanfaatan lahan demi optimalisasi hasil panen untuk stok pangan daerah.

Penanaman dilakukan pada tanaman pangan pokok seperti padi, jagung dan kedelai. Khusus untuk jagung dan kedelai sudah disiapkan lahan untuk tanam setahun penuh.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Bagas Windaryatno, Jumat (1/7/2022) mengatakan, sektor pertanian terus digenjot demi optimalisasi panen untuk menyediakan stok pangan daerah.

Baca Juga: Pusing Usaha Jual Beli Sapi Mengalami Kebangkritan, Mencoba Cari Pesugihan Ula Buntung tapi Malah Jadi ......

Pangan disediakan tidak hanya dari tanaman padi saja, melainkan juga jagung, kedelai, dan jenis palawija lainnya seperti ketela, singkong, kacang tanah.

Khusus untuk padi, tanam pangan tersebut menjadi prioritas Pemkab Sukoharjo untuk penyediaan stok pangan daerah. Bahkan hasil panen mampu diandalkan memenuhi pangan nasional.

Kontribusi besar tersebut membuat pemerintah pusat memberikan perhatian lebih pada Pemkab Sukoharjo.

Pemkab Sukoharjo memberikan perhatian besar pada tanaman padi dengan menyediakan lahan seluas 10.000 hektar untuk penerapan sistem IP 400 atau empat kali tanam padi empat kali panen padi.

Baca Juga: Pemerintah Suntik Rp7,5 Triliun supaya Garuda Bisa Terbang dan Sehat Lagi

Lahan tersebut merupakan terluas se Indonesia. Atas keberhasilan tersebut Pemkab Sukoharjo memperoleh penghargaan dari MURI Indonesia.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X