• Selasa, 9 Agustus 2022

Penumpang KRL Jogja–Solo Tak Pernah Sepi, XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan Internet Cepat

- Rabu, 29 Juni 2022 | 09:15 WIB
Teknisi melakukan pemeliharaan rutin di atas menara BTS milik XL Axiata yang berlokasi di Stasiun Tugu, Jogja, Minggu (26/6/2022).  (Dok XL Axiata)
Teknisi melakukan pemeliharaan rutin di atas menara BTS milik XL Axiata yang berlokasi di Stasiun Tugu, Jogja, Minggu (26/6/2022). (Dok XL Axiata)


JOGJA, harianmerapi.com - Sejak KRL Jogja-Solo beroperasi awal tahun lalu, tercatat terjadi peningkatan trafik data sebesar 78 persen di sepanjang jalur kereta yang menghubungkan kedua kota populer tersebut.

Untuk menjaga kualitas layanan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus menjaga kualitas jaringan telekomunikasi dan data di sepanjang jalur Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo.

Lebih dari 220 Base Transceiver Station (BTS) 4G saat ini menopang kualitas jaringan di sepanjang jalur yang dilalui KRL Jogja-Solo ini, untuk menghadirkan layanan internet cepat dan kelancaran komunikasi masyarakat penggunanya.

Baca Juga: Catat, Jadwal KRL Jogja-Solo Kembali 24 Perjalanan Per Hari

Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit, mengatakan secara umum, kawasan aglomerasi Jogja hingga Solo Raya menjadi perhatian utama XL Axiata mengingat pertumbuhan trafik yang cukup tinggi.

Sejak KRL Jogja-Solo beroperasi awal tahun lalu, tercatat terjadi peningkatan trafik data sebesar 78 persen di sepanjang jalur kereta yang menghubungkan kedua kota popular tersebut. Mobilitas masyarakat di kawasan ini memang mengalami peningkatan dengan adanya layanan KRL.

Menurut Bambang, jaringan internet cepat dari XL Axiata tersedia di sepanjang jalur KRL Jogja-Solo, termasuk 11 stasiun yang melayani penumpang KRL, yang tersebar di Kota Jogja, Kabupaten Sleman, Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Klaten. Guna menjaga kualitas layanan, berbagai upaya terus dilakukan, yakni ekspansi jaringan, upgrade kapasitas, peningkatan throughput, hingga perbaikan latency.

Baca Juga: Cara Naik KRL Jogja-Solo, Pastikan KMT Terisi Saldo

“Sekarang, jika kita naik KRL atau kereta apa saja di jalur Jogja-Solo, pasti kualitasnya jaringannya bagus. Buka internet akan lancar dan stabil. Bahkan sejak sebelum ada KRL, jalur ini sudah menjadi prioritas XL Axiata, mengingat ini memang jalur yang sangat sibuk,” ungkap Bambang, Senin (27/6/2022).

Peningkatan jaringan 4G akan terus dilakukan mengingat kebutuhan layanan data yang berkualitas juga terus meningkat di kawasan aglomerasi JogjaSolo. Dalam periode dua tahun terakhir, secara rata-rata trafik data meningkat hingga 120 persen di kawasan ini, dengan pertumbuhan tertinggi berada di Solo Raya. Untuk itu, upgrade kapasitas 4G terus dilakukan dengan antara lain berkonsentrasi di area padat penduduk.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X