• Kamis, 6 Oktober 2022

Tilang Elektronik (ETLE) di Karanganyar Meningkat, 518 Pelanggar Lalu Lintas Terima 'Surat Cinta'

- Selasa, 28 Juni 2022 | 16:26 WIB
Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Yulianto.  (Foto: Abdul Alim)
Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Yulianto. (Foto: Abdul Alim)

KARANGANYAR, harianmerapi.com - Satlantas Polres Karanganyar mengirim 518 surat tilang elektronik ke pemilik kendaraan bermotor yang terekam melanggar lalu lintas saat melaju di jalan raya selama berlangsung Operasi Patuh Candi 2022 pada 13-26 Juni.

Mereka menerima bukti pelanggaran selama Operasi Patuh Candi 2022 itu berikut potongan gambar pelanggarannya melalui surat tilang elektronik.

"Pada tanggal 13-26 Juni 2022 atau selama dua pekan Operasi Patuh Candi 2022, 518 pengendara dapat surat tilang elektronik. Mereka terekam ETLE saat melakukan pelanggaran lalu lintas. Kebanyakan tak mengenakan helm," kata Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Yulianto, Senin (27/6/2022) malam.

Baca Juga: Jasad Mbah Kardi Tersangkut di Saluran Irigasi Kebakkramat Karanganyar

Terdapat CCTV yang dipasang di sejumlah lokasi di Karanganyar mulai pusat keramaian sampai jalan raya. Untuk prosedur penilangannya, kamera ETLE secara otomatis menangkap pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor.

Kemudian, data kendaraan akan dikirim ke kantor Satlantas. Nantinya, petugas akan mengidentifikasi data kendaraan menggunakan electronic registration & identification (ERI) sebagai sumber data kendaraan.

Selanjutnya, petugas akan menerbitkan surat konfirmasi untuk dikirim ke alamat pengendara yang melanggar.

Baca Juga: Kalurahan Panggungharjo Bantul Kelola Sampah Mandiri Hingga Hasilkan Keuntungan

"Pelanggar dapat mengirim konfirmasi ke nomor WA yang sudah tertera di surat tilang. Atau mengakses aplikasi. Bisa juga datang ke kantor Satlantas Karanganyar untuk mengonfirmasi apa yang dilanggarnya sekaligus mengurus dendanya," kata Yulianto.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X