• Kamis, 8 Desember 2022

Pasca Penggeledahan Kantor, Dua Tokoh Khilafatul Muslimin Klaten Jadi Tersangka

- Jumat, 10 Juni 2022 | 21:40 WIB
Kapolres menunjukkan barang bukti dan tersangka ( Foto: Sri Warsiti)
Kapolres menunjukkan barang bukti dan tersangka ( Foto: Sri Warsiti)

 

KLATEN, harianmerapi.com - Pasca penggeledahan sejumlah kantor sekretariat, Polres Klaten menetapkan dua orang tokoh Khilafatul Muslimin Jawa Tengah menjadi tersangka.

Kedua orang tersebut adalah IM, yang berstatus pemimpin atau amir wilayah Jawa Tengah, dan SW, amir quro atau ketua cabang wilayah Klaten.

Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo Jumat (10/6/2022) mengemukakan, usai melakukan penggeledahan di enam lokasi dan memeriksa beberapa saksi, penyidik akhirnya menahan dan menetapkan dua tokoh Khilafatul Muslimin Jateng menjadi tersangka.

Baca Juga: Sistem Pengendalian Banjir DKI Jakarta Menjadi Inovasi Terbaik di Kawasan Asia Pasifik

Menurut kapolres, keduanya terancam pasal 14 ayat 1 dan atau pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan Hukum pidana dan atau Pasal 107 Jo 53 KUHP dengan ancaman hukuman selama-lamanya dua puluh tahun penjara atau seumur hidup.

Pasal yang dijeratkan kepada keduanya yakni soal menyiarkan kabar atau pemberitahuan bohong dan dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.

Juga soal menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berlebihan atau yang tidak lengkap, kabar yang akan atau mudah menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dan atau percobaan makar dengan niat menggulingkan pemerintah.

Baca Juga: Dipancing Ketua Umum HIPMI, Jokowi : Hati-hati, Ini Tahun Politik

Dijelaskan Kapolres Klaten, kelompok Khilafatul Muslimin Klaten melakukan aksinya pada hari Minggu (29/5/2022) dengan konvoi sepeda motor yang berjumlah sekitar lebih 50 orang. Dalam konvoi tersebut kelompok Khilafatul Muslimin membagikan brosur atau selebaran tentang ajakan untuk mengikuti ideologi khilafah.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CV Manggala Furniture Klaten buka lowongan kerja

Rabu, 21 September 2022 | 17:30 WIB
X