• Selasa, 16 Agustus 2022

Sistem Pengendalian Banjir DKI Jakarta Menjadi Inovasi Terbaik di Kawasan Asia Pasifik

- Jumat, 10 Juni 2022 | 20:50 WIB
Tampilan pengumuman yang menyatakan sistem pengendalian banjir Jakarta Smart City yang berhasil meraih juara pertama di ajang internasional IDC Smart City Asia/Pacific Awards 2022 sebagai inovasi terbaik untuk Public Safety - Next-Generation Emergency Services.  (ANTARA/HO-Pemprov DKI Jakarta)
Tampilan pengumuman yang menyatakan sistem pengendalian banjir Jakarta Smart City yang berhasil meraih juara pertama di ajang internasional IDC Smart City Asia/Pacific Awards 2022 sebagai inovasi terbaik untuk Public Safety - Next-Generation Emergency Services. (ANTARA/HO-Pemprov DKI Jakarta)

JAKARTA, harianmerapi.com - DKI Jakarta kembali mendapatkan penghargaan dari luar negeri. Terbaru adalah award dalam sistem pengendalian banjir.

Sistem yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam layanan "Jakarta Smart City" menjadi inovasi terbaik di kawasan Asia Pasifik tahun 2022.

Hal tersebut dipastikan setelah "Jakarta Smart City" berhasil meraih juara pertama di ajang internasional "IDC Smart City Asia/Pacific Awards 2022".

Baca Juga: Singkirkan Pasangan Peringkat Dua Dunia, Apriyani/Fadia Lolos ke Semifinal

Inovasi sistem pengendalian banjir itu dinilai sebagai inovasi terbaik untuk "Public Safety-Next-Generation Emergency Services", kata Kepala Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) "Jakarta Smart City", Yudhistira Nugraha di Jakarta, Jumat (10/6/2022)

Dia menyebutkan, capaian ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya menyabet gelar juara dunia di "WSIS Prizes 2022".

Di ajang yang sama, pada tahun 2021 aplikasi "Jakarta Kini" (JAKI) juga terpilih sebagai yang terbaik di Asia Pasifik.

Baca Juga: Kawasan Sendang Senjoyo Geger, Ditemukan Mayat Perempuan Setengah Baya

Yudhistira menjelaskan, sistem pengendalian banjir ini dikembangkan setelah terjadi bencana banjir besar pada awal 2020, untuk perbaikan sistem pengendalian banjir yang sebelumnya manual menjadi sistem berbasis manajemen ilmu pengetahuan.

Hal ini untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis data dan diseminasi informasi secara cepat dan akurat kepada masyarakat. "Pengembangan sistem ini juga didukung melalui kajian ilmiah yang kami lakukan," kata Yudhistira.

"Jakarta Smart City" yang berada di bawah naungan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta berhasil mengatasi persaingan sengit dalam kategori tersebut, mengungguli inovasi dari negara-negara lain.

Baca Juga: Seorang Kakek Melakukan Percobaan Pemerkosaan Terhadap Nenek di Temanggung

Yakni "ICT-based Emergency Management, Yangzhou Emergency Management Bureau"(China) dan "Three-dimensional Response and Disaster Reduction Smart-Cloud System Development in Taoyuan City", Taoyuan City Government (Taiwan).

Selain itu, "Bushfire Modelling and Prediction, CSIRO" (Australia) dan "Hazard HunterPH, The Department of Science and Technology — Philippine Institute of Volcanology and Seismology" (DOST-PHIVOLCS) (Filipina).

"Selamat kepada Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta atas kemenangan yang berhasil diraih," ujar Country Manager IDC Indonesia, Mevira Munindra.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini cara Moh Mahfud MD merespons kekalahan MU

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:00 WIB
X