• Rabu, 29 Juni 2022

Antisipasi Kasus PMK, Kapolres Temanggung Pantau Pasar Hewan Pastikan tidak Merebak Jelang Idul Adha

- Minggu, 15 Mei 2022 | 14:10 WIB
Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi pantau jual beli ternak di Pasar Hewan Ngadirejo mengantisipasi penularan PMK ( Foto: Arif Zaini Arrosyid)
Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi pantau jual beli ternak di Pasar Hewan Ngadirejo mengantisipasi penularan PMK ( Foto: Arif Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi memantau jual beli dan pemeriksaan kesehatan ternak yang sebagian untuk kurban Idul Adha di pasar hewan Ngadirejo, Minggu (15/5/2022).

Kegiatan itu untuk menciptakan rasa aman dan nyaman warga dalam beraktivitas ekonomi, dan mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK), yang kini telah merebak di Jawa Tengah.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi mengatakan pantauan jual beli ternak untuk memastikan harkamtibmas tercipta dengan baik. Polisi bersama intansi terkait juga mengecek kesehatan hewan terutama PMK.

Baca Juga: Kejadian Mistis Nekat Melanggar Pantangan Leluhur karena Rasa Tanggung Jawab Tugas, Akibatnya .......

"Keamanan dan ketertiban di pasar hewan terpantau dengan baik, dalam pemeriksaan hewan, tidak ada temuan kasus PMK. Tidak ada temuan PMK setidaknya sampai Idul Adha," kata dia.

Dikatakan Polri dan Pemkab Temanggung berkomitmen untuk terus memantau perkembangan situasi kesehatan ternak dan selalu berharap tidak ada kasus PMK di Temanggung.

Disampaikan sejak merebaknya kasus PMK dibeberapa wilayah pihaknya sudah memerintahkan kapolsek maupun bhabinkamtibmas untuk rutin pengecekan di kandang peternakan maupun di rumah penduduk yang ada di daerah binaannya.

Baca Juga: Sewu Dino Bagian 1 : Gadis Itu Bernama Sri

Dikatakan pengecekan maupun patroli selain untuk mendapatkan data yang akurat di lapanan juga bertujuan menciptakan kondusifitas di masyarakat. Idul Adha merupakan masa panen ternak untuk kurban.

"Masyarakat tidak perlu panik, apabila menemukan kasus PMK dapat melaporkan pada mantri hewan, penyuluh pertanian atau ke Polsek, sehingga bisa segera ditangani secara tepat dan cepat," kata Agus.

Dalam kesempatan tersebut orang nomor satu di Polres Temanggung itu meminta kepada seluruh pihak agar selalu berkoordinasi dan menjaga kebersihan kandang sehingga kasus PMK tidak menyebar di Kabupaten Temanggung.*

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Cabai Tinggi, Petani Berseri-seri

Selasa, 21 Juni 2022 | 21:40 WIB

Pilkades di Temanggung Diikuti 107 Kontestan

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:20 WIB
X