• Senin, 27 Juni 2022

Menteri Pertanian Apresiasi Langkah Cepat Boyolali Atasi Kasus PMK pada Hewan Ternak

- Jumat, 13 Mei 2022 | 17:40 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo didampingi Wakil Bupati Boyolali meninjau hewan sapi yang terdampak PMK di Singosari, Boyolali.  (Mulyawan)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo didampingi Wakil Bupati Boyolali meninjau hewan sapi yang terdampak PMK di Singosari, Boyolali. (Mulyawan)

BOYOLALI, harianmerapi.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi langkah cepat Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Boyolali dalam penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Dalam kunjungan kerja Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Desa Singosari, Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah pada Jumat (13/5/2022), menyatakan dalam menghadapi ancaman PMK telah dilakukan langkah serius dengan menggunakan medis.

“Saya mengapresiasi langkah yang dilakukan Gubernur Jawa Tengah para Bupati yang ada di sini terutama di Boyolali dalam penanganan PMK,” ungkap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga: Meski Belum Ditemukan Kasus PMK, Pemkab Sukoharjo Tetap Ngotot Ajukan Tambahan Vaksin Ternak ke Pemprov Jateng

Hal tersebut terlihat dari penanganan yang begitu cepat dalam beberapa sudah terlihat penyembuhan terhadap hewan ternak yang mengidap PMK.

Kementerian Pertanian juga telah menetapkan tiga agenda menghadapi wabah PMK yakni darurat, temporary, dan recovery.

“Khusus di tempat ini (Singosari) kita langsung masuk ke agenda ketiga recovery terhadap semua hewan ternak,” ujarnya.

Baca Juga: KKN di Desa Penari (Nur Story) Bagian 26: Murka Pak Prabu, ‘Oleh Teka Ndi Iki!’

Kementerian juga telah membentuk gugus tugas dalam penanganan PMK. Di tingkat daerah, Pemerintah Daerah bisa menggandeng Polres dan Kodim dalam pendampingan tracing.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketersediaan Cabai pada Idul Adha Dipastikan Aman

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:35 WIB
X