• Senin, 27 Juni 2022

Selain Pencemaran Lingkungan, Ini Alasan ABB Tolak Transisi TPST Piyungan ke Lahan Baru

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 15:30 WIB
Warga banyakan yang tergabung dalam ABB melakukan aksi di akses jalan menuju TPST Piyungan (Foto-Yusron Mustaqim)
Warga banyakan yang tergabung dalam ABB melakukan aksi di akses jalan menuju TPST Piyungan (Foto-Yusron Mustaqim)

BANTUL, harianmerapi.com - Selain mencemari lingkungan, Aliansi Banyakan Bergerak (ABB) menolak transisi tempat pembuatan tempat pembuangan sampah baru di utara TPST Piyungan.

Menurut Koordinator ABB, Herwin Arvianto pihaknya melakukan aksi Banyakan Bergerak yang merupakan gabungan warga masyarakat yang terdiri dari Banyakan telah bersepakat untuk mencapai satu tujuan bersama dengan melakukan gebrakan 'Banyakan Menolak Banyakan Melawan'.

"Gerakan ini bertujuan untuk menolak keras transisi pembuangan sampah ke lahan baru di sebelah utara TPST Piyungan dengan luas 2,1 hektare dan menolak adanya pembebasan lahan dan sepakat untuk menutup permanen TPST Piyungan," kata Herwin dalam aksi, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Truk Tumpahkan Bongkahan Batu Tutup Akses Jalan Utama TPST Piyungan, Warga: Kami Ingin Ditutup Permanen

Hal ini sesuai instruksi Surat Edaran (SE) Nomor 188/41512 tanggal 20 Desember 2021 yang telah diketahui kepala Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan Daerah Dstimewa Yogyakarta Kuncoro Cahyo Aji, bahwa TPST Piyungan Kabupaten Bantul akan ditutup
pada Maret 2022.

Namun sampai saat ini tidak pernahkah dilakukan sehingga sudah melewati batas instruksi yang diberikan.

Bahkan sampai bulan Mei 2022 kawasan TPST Piyungan masih dipaksakan untuk pembuangan sampah sehingga dinilai ilegal karena tidak memiliki izin.

Padahal disisi lain kondisi tampungan sudah memprihatinkan dan sudah tidak mungkin lagi dipaksakan untuk dibuangi sampah.

Baca Juga: Jalan Wates Sedayu dan Jalan Wonosari Piyungan Jadi Titik Rawan Macet, Ini Antisipasi Polres Bantul

Karena bila dipaksakan hanya akan memperparah dampak kepada masyarakat ke depan.
Sebelumnya, sebuah truk dump yang membawa batu pondasi dikawal warga Dusun Banyakan Kalurahan Sitimulyo Kapanewon Pleret Bantul menuju jalan utama menuju TPST Piyungan, Sabtu (7/5/2022).

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X