• Sabtu, 21 Mei 2022

Update Survei Capres 2024: Mengejutkan, Elektabilitas Airlangga Menyodok Ungguli Ganjar di Mata Anak Muda

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 07:45 WIB
Elektabilitas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto naik di mata anak muda. (Foto: Dokumentasi Humas Setkab/ Rahmat)
Elektabilitas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto naik di mata anak muda. (Foto: Dokumentasi Humas Setkab/ Rahmat)

JAKARTA,harianmerapi.com- Sosok ketua Umum Parta Golkar Airlangga Hartarto secara mengejutkan menyidok sebagai calon presiden 2024 terpopuler berdasarkan hasil penelitian Lembaga Penelitian Masyarak Milenial (LPMM). Airlangga bahkan mengalahkan tokoh populer Ganjar Pranowo.

Direktur Eksekutif LPMM Alamsyah Wijaya mengatakan penelitian tersebut untuk mencari tahu sudut pandang generasi milenial menjelang hajatan demokrasi di tahun 2024 mendatang menggunakan metode penelitian survei kuantitatif.

Metode ini untuk mendapatkan data yang terjadi pada masa lampau atau saat ini tentang keyakinan, pendapat, karakteristik perilaku, hubungan variabel dan untuk menguji beberapa hipotesis tentang variabel sosiologis dan psikologis dari sampel yang diambil dari populasi tertentu.

Baca Juga: Partai Golkar Minta Airlangga Hartarto Fokus Pemulihan Ekonomi Masa Pandemi Covid-19

Sample yang diambil sebanyak 1.962 dari jumlah populasi generasi milenial yang keberadaannya tersebar di 34 provinsi. Hasil survei ini memiliki Margin of Error +/- 2,23 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Penelitian dimulai sejak 3 - 19 Januari 2022. "Teknik Penarikan sample mengunakan metode multistage random sampling dan teknik pengumpulan data dengan pengamatan (wawancara atau kuisioner)," tambahnya.

Menurut Alamsyah, hasil penelitian menemukan pandangan generasi milenial bahwa di tengah tahun politik ini, sebanyak 87,8 persen generasi milenial menginginkan sosok pemimpin 'zaman now'. Pemimpin yang bisa memahami keinginan rakyat sepenuhnya.
Memenuhi hak kaum marginal juga tak luput dari perhatiannya. Sebab, dia menyadari betul kelompok minoritas suka terabaikan.

“Sebanyak 85,8 persen generasi milenial menginginkan sosok presiden/pemimpin yang tepati janji serta tulus bekerja untuk melayani rakyat dan bukan janji manis. Mereka butuh bukti, di mana pembangunan Indonesia merata, tidak terpusat di kota saja,” kata Alamsyah Wijaya dalam keterangannya, Sabtu (29/1/2022).

Baca Juga: Airlangga : Pencapaian Target Pertumbuhan Ekonomi Sangat Tergantung pada Pengendalian Pandemi

Hasil penelitian tentang Preferensi Politik Generasi Milenial didapati ternyata hanya 47,9 yang mengetahui nama-nama parpol sebagai peserta pemilu dan sebanyak 52,1 persen tidak begitu mengetahui.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Ajak Masyarakat Bantu Cari Harun Masiku

Jumat, 20 Mei 2022 | 23:00 WIB

Diberhentikan IDI, Terawan Bergabung ke PDSI

Jumat, 20 Mei 2022 | 18:30 WIB
X