• Sabtu, 21 Mei 2022

Percepat Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi, Karang Taruna DIY Fokuskan Program Kepada UMKM

- Selasa, 25 Januari 2022 | 14:46 WIB
Ketua Karang Taruna DIY, GKR Condrokirono.  (Foto: dok. Karang taruna DIY)
Ketua Karang Taruna DIY, GKR Condrokirono. (Foto: dok. Karang taruna DIY)

JOGJA, harianmerapi.com - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor paling terdampak gejolak ekonomi akibat pandemi Covid-19. Hal ini kemudian melatarbelakangi Karang Taruna DIY untuk menjadikan UMKM salah satu progam intinya di tahun 2022 ini.

Ditemui di Bantul, salah satu pengurus Karang Taruna DIY, M Pranasik Faihaan mengakui gejolak ekonomi yang terjadi selama dua tahun lebih ini membawa dampak yang cukup signifikan.

Pemuda yang juga CEO Sovva Kreasi Indonesia ini juga mengaku jika sebagian pelaku UMKM seperti dirinya harus merubah pola bisnis yang dilakukan.

"Kami dan teman-teman pelaku UMKM ini yang paling signifikan adalah merubah yang awalnya masih mengandalkan jalur offline dan online, sekarang ini cenderung lebih mengandalkan online," sebutnya Senin, 25 Januari 2022.

Baca Juga: Penipuan Minyak Goreng, Pelaku Tipu 22 Orang Senilai Rp600 Juta Ditangkap

Warga Kapanewon Pajangan, Bantul ini menyebut jika perubahan itu dapat dengan cepat dilakukan bagi UMKM yang sudah familiar dengan teknik pemasaran online.

Namun tidak sedikit pelaku UMKM yang akhirnya harus berhenti lantaran sulit melakukan penyesuaian.

"Kapasitas pelaku UMKM ini kita tahu sendiri, tidak semua siap dengan transformasi teknologi. Sehingga wajar jika kondisi ini menjadi semakin sulit," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna DIY, GKR Condrokirono mengaku telah menangkap kondisi para pelaku UMKM tersebut, sehingga pihaknya memutuskan untuk menjadikan penguatan sektor UMKM ini salah satu fokus program Karang Taruna DIY.

Halaman:

Editor: Arif Septoro Riza Marzuqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X