• Senin, 23 Mei 2022

Lembaga Ombudsman DIY Beri Kesempatan kepada Masyarakat untuk Penelitian dan Program Magang

- Selasa, 11 Januari 2022 | 10:55 WIB
   Masyarakat luas bisa mengajukan program magang maupun penelitian di LO DIY.  (Foto : Dok. Sulistyanto)
Masyarakat luas bisa mengajukan program magang maupun penelitian di LO DIY. (Foto : Dok. Sulistyanto)

 

JOGJA, harianmerapi.com - Lembaga Ombudsman (LO) DIY sebagai lembaga independen mempunyai fungsi memberikan pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

Selain itu LO DIY juga dapat sebagai laboratorium (resource center) praktik - praktik pelayanan publik pemerintah daerah maupun pelaku usaha sektor swasta.

Dengan fungsi tersebut, LO DIY membuka ruang dan kesempatan bagi semua lapisan masyarakat untuk mengkaji lebih dalam melalui kegiatan penelitian ataupun program magang.

“Program ini merupakan upaya bagaimana LO DIY yang berbasis institusional, nantinya bisa lebih luas dikenal oleh masyarakat,” ungkap Ketua LO DIY, Dr Suryawan Raharjo SH LL M dalam siaran persnya, Senin (10/01/2022).

Baca Juga: Positivity Rate Indonesia Naik, Prof Zubairi Djoerban Ingatkan Kewaspadaan Sekolah yang Mulai Terbuka

Dengan demikian, lanjut Dr Suryawan, fungsi pengawasan sebagaimana yang dilakukan oleh LO DIY bisa mendorong kesadaran kolektif masyarakat untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, guna terwujudnya good governance dan good corporate governance di DIY.

Adapun jumlah kegiatan penerimaan penelitian di LO DIY selama 2021 ada sembilan orang dan magang ada tiga kelompok. Selain itu juga ada visiting class satu kali.

Sedangkan diskusi publik yang digelar LO DIY pada 2021, yakni mengambil tema Hambatan dan Tantangan dalam Inovasi serta Implementasi e-Government untuk Pelayanan Publik di DIY Sebelum dan Pada Masa Pandemi Covid 19.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X