• Senin, 27 Juni 2022

Dua Warga Binaan Lapas Pati Tanpa NIK

- Senin, 22 November 2021 | 19:15 WIB
Warga binaan LP Pati mengikuti perekaman E-KTP. ( Foto: Alwi Alaydrus)
Warga binaan LP Pati mengikuti perekaman E-KTP. ( Foto: Alwi Alaydrus)

 

PATI, harianmerapi.com - Dua warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pati kedapatan tidak memilik Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau tanpa identitas kependudukan. Kasus tersebut terungkap saat dilakukan perekaman e-KTP yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Kalapas Pati, Febie Dwi Hartanto menjelaskan, dari 336 warga binaan, harus dilakukan perekaman E-KTP, menyusul adanya dugaan 44 orang warga binaan lapas yang diindikasi belum memiliki NIK maupun KTP elektronik.

"Setelah dilakukan, ternyata ada 2 orang yang belum memiliki NIK maupun KK. Keduanya merupakan warga Pati. Namun 42 orang lainnya sudah memiliki NIK dan KK tetapi belum melakukan perekaman," ujar Febie Dwi Hartanto, Senin (22/11/2021).

Baca Juga: Kenapa Anak Lebih Baik Disunat Saat Bayi, Begini Penjelasan Dokter

Dikatakannya, perekaman dilakukan karena setiap pengurusan BPJS, pelayanan kesehatan dan vaksinasi warga binaan banyak terkendala karena tidak mempunyai e-KTP. Sehingga perlu bekerjasama dengan Disdukcapil untuk melakukan perekaman.

Kalapas Pati menambahkan, sistem perekaman dilakukan dengan menerapkan sistem online. Sehingga datanya akan terkirim ke Kemendagri.

"Diharapkan, semua kepengurusan data kependudukan bagi warga binaan LP bisa dipermudah," kata kalapas Pati.

 

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketersediaan Cabai pada Idul Adha Dipastikan Aman

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:35 WIB
X