• Senin, 17 Januari 2022

Percepat Pengentasan Kemiskinan, 147 Unit RTLH di Sleman Selesai Dibangun dengan Anggaran DAK

- Senin, 22 November 2021 | 16:39 WIB
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo (dua dari kiri) meninjau RTLH yang telah diperbaiki dengan bantuan DAK.  (Foto : Humas Sleman)
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo (dua dari kiri) meninjau RTLH yang telah diperbaiki dengan bantuan DAK. (Foto : Humas Sleman)

SLEMAN, harianmerapi.com - Pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Sleman menerima anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan 147 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Anggaran senilai Rp2,94 miliar telah digunakan untuk membangun 95 unit rumah di 4 kalurahan dan peningkatan kualitas RTLH sebanyak 52 rumah di dua kalurahan yang telah selesai dilaksanakan 100 persen. 

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan, upaya penanganan RTLH ini akan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam rangka mempercepat program pengentasan kemiskinan dengan mewujudkan rumah yang layak huni bagi masyarakat tidak mampu.

Baca Juga: Senam 'Sleman Bangkit' Diluncurkan, Dorong Program Kesehatan Masyarakat dan Promosi Pariwisata

“Bantuan RTLH ini untuk menekan angka kemiskinan di Kabupaten Sleman,” kata Kustini saat meresmikan bantuan RTLH bagi 28 penerima bantuan di Kalurahan Sidoarum, Godean, Senin (22/11/2021).

Dijelaskan, program ini sesuai dengan Pasal 28 H ayat 1 bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

“Bantuan RTLH dari DAK ini tidak hanya dari Pemerintah Kabupaten Sleman. Tetapi melibatkan berbagai pihak baik pemerintah provinsi, pemerintah pusat maupun elemen masyarakat,” jelas Kustini.

Baca Juga: Motor Tiba-tiba Terbakar di Pasar Bendungan Kulon Progo Bikin Pemiliknya Luka Bakar, Dibawa ke Puskesmas

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kabupaten Sleman, R Amperawan Kusjadmikahadi mengatakan bahwa dana bantuan untuk RTLH berasal berbagai sumber dengan total sebesar Rp15,54 miliar.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X