• Sabtu, 28 Mei 2022

Ketua Dewan Syuro PKS Perintahkan Dewan Jaring Aspirasi Seniman

- Sabtu, 6 November 2021 | 20:57 WIB
Ketua Dewan Syuro PKS mendapat bingkisan keris dan blangkon sebagai pesan aspirasi dari seniman. (foto: Arif Septoro Riza Marzuqi)
Ketua Dewan Syuro PKS mendapat bingkisan keris dan blangkon sebagai pesan aspirasi dari seniman. (foto: Arif Septoro Riza Marzuqi)

BANTUL, harianmerapi.com - Salah satu yang paling terdampak pandemi adalah seniman. Pentas kesenian yang selama ini diandalkan tidak bisa digelar selama pandemi ini.

Hal ini ternyata menyita perhatian PKS yang kemudian menginstruksikan kadernya di legislatif untuk menjaring aspirasi dari para seniman.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Syuro PKS, Salim Segaf Al Jufri di sela sarasehan bersama seniman di Rumah Budaya Tembi, Sabtu (6/11/2021).

Baca Juga: Pernikahan yang Tak Direstui 11: Menyaksikan Istri Selingkuh di Hotel

Dalam dialog tersebut beberapa perwakilan seniman mengungkapkan keresahannya. Ki Kiswan salah satunya, dalang yang sedang naik daun ini mengaku gelisah dengan belum diperbolehkannya pentas wayang secara terbuka.

"Mewakili teman-teman seniman berharap bagaimana solusinya agar bisa pentas lagi seperti dulu (sebelum pandemi)," ungkapnya.

Selama dua tahun terakhir menurutnya para seniman khususnya seni pertunjukkan 'berpuasa'. Tanpa ada pemasukan padahal mereka tetap harus memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Hizbul Wathan Jadikan Sosok Sudirman sebagai Teladan dalam Menguatkan Keindonesiaan

Pentas selama pandemi ini hanya mengandalkan pentas daring. Itupun jika ada anggaran dari pemerintah.

"Akhirnya ada yang berbalik arah menjadi pedagang," sebutnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X