• Sabtu, 28 Mei 2022

Koleksi Langka Berumur Ratusan Tahun di Museum Wayang Beber Sekartaji Bantul Diharapkan Bisa Tarik Wisatawan

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:27 WIB
Wakil Bupati Bantul memainkan Wayang Beber di Museum Wayang Beber Sekartaji. (Foto: Humas Pemkab Bantul)
Wakil Bupati Bantul memainkan Wayang Beber di Museum Wayang Beber Sekartaji. (Foto: Humas Pemkab Bantul)


BANTUL, harianmerapi.com – Musem Wayang Beber Sekartaji yang terletak di Kanutan, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambangipuro, Kabupaten Bantul menarik perhatian Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo.

Dalam agenda kerjanya, Joko B Purnomo mengunjungi museum Wayang Beber Sekartaji, untuk pengambilan gambar program promosi dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul pada Rabu (27/10/2021).

Wakil Bupati Bantul menyebut Museum Wayang Beber Sekartaji menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Bantul. Di mana tempat ini menyimpan berbagai Benda bersejarah yang saat ini sulit untuk ditemui.

“Koleksinya yang sangat langka bahkan ada yang sudah berumur ratusan tahun juga,” sebutnya.

Baca Juga: Wayang Jogja Night Carnival Tak Kalah dengan Karnaval Kelas Dunia

Pihaknya berharap museum ini dapat berkembang termasuk dari segi kepariwisataan. Sehingga mampu memberikan edukasi kepada masyarakat yang berkunjung. Pemkab Bantul dikatakan Joko B Purnomo, berupaya mendorong pemberdayaan museum. Sehingga keberadaan museum selain untuk wisata bisa juga untuk menunjang sektor pendidikan.

Wayang Beber merupakan wayang berupa lukisan yang dibuat pada media kertas berbahan baku kayu.

Diyakini wayang beber ini telah muncul menjadi bagian dari sejarah sebelum munculnya wayang kulit yang sekarang populer di masyarakat. Terdapat beberapa ruangan di museum ini, salah satu ruangan menyimpan seperangkat gamelan yang biasa mengiringi pementasan wayang beber.

Sementara ruangan lainnya digunakan sebagai ruang pameran yang memajang berbagai lakon atau cerita, serta benda-benda yang memiliki sangkut paut dengan perjalanan wayang beber dalam sejarahnya.

Baca Juga: Peringati Hari Wayang Sedunia, YIA Gelar Pameran Wayang

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X