• Rabu, 8 Desember 2021

Berkunjung Virtual ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Begini Caranya

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 07:38 WIB
Berkunjung virtual ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. (tangkap layar virtualtourvredeburg)
Berkunjung virtual ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. (tangkap layar virtualtourvredeburg)

harianmerapi.com – Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta berada tepat di jantung Kota Jogja. Museum ini menjadi bagian penting dari sejarah Jogja dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Dilansir harianmerapi.com dari laman Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Benteng Vredeburg merekam banyak sejarah di kota Yogyakarta. Pada masa penguasaan Inggris 1811-1816, terjadi peristiwa penting di tempat ini.

Salah satunya adalah penyerangan serdadu Inggris dan kekuatan-kekuatan pribumi ke kraton Yogyakarta pada tanggal 18 sampai 20 Juni 1812 yang dikenal dengan peristiwa Geger Sepoy.

Baca Juga: Mawar de Jongh Rilis Lagu 'Pernah Salah', Bicara Soal Kenangan dengan Mantan

Pada 5 Maret 1942 ketika Jepang menguasai Kota Yogyakarta, Benteng Vredeburg digunakan sebagai tempat tawanan orang Belanda dan orang Indonesia yang melawan Jepang.

Pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun 1945, Benteng Vredeburg diambil alih oleh instansi militer Republik Indonesia. Namun, ketika terjadi peristiwa Agresi Militer Belanda II pada 19 Desember 1948, benteng ini dikuasai oleh pasukan Belanda pada tahun 1948 sampai 1949.

Benteng ini kemudian menjadi sasaran serangan oleh tentara Indonesia pada peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949. Setelah Belanda mundur dari Yogyakarta, pengelolaan Benteng Vredeburg dipegang oleh APRI (Angkatan Perang Republik Indonesia).

Baca Juga: Saparan Merti Dusun Krandegan 4: Memberi Saweran dan Membayar Nadar Jadi Kewajiban

Pada tahun 1992 Museum Benteng Vredeburg secara resmi menjadi Museum Khusus Perjuangan Nasional dengan nama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Untuk mengunjungi museum ini, bisa dilakukan tanpa harus datang ke Yogyakarta. Karena Museum Benteng Vredeburg memberikan fasilitas kunjung museum virtual, begini caranya:

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inovasi Kopi Mahasiswa UMY Raih Juara KMI Expo 2021

Rabu, 24 November 2021 | 11:20 WIB
X