• Senin, 6 Desember 2021

Kaum Wanita di Kata Magelang harus sadar diri ikuti Pemeriksaan IVA, Datangi Puskemas terdekat

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:29 WIB
Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz mencanangkan Pekan IVA Test dan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks untuk kesehatan perempuan Kota Magelang. ( Dok Pemkot Magelang)
Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz mencanangkan Pekan IVA Test dan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks untuk kesehatan perempuan Kota Magelang. ( Dok Pemkot Magelang)

MAGELANG, harianmerapi.com - Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz mengajak kaum wanita di Kota Magelang untuk sadar diri mengikuti pemeriksaan IVA di puskesmas-puskesmas terdekat.

"Pemeriksaan IVA penting untuk mengetahui kesehatan wanita Kota Magelang," kata Niken Ichtiaty Nur Aziz, pada Pekan IVA Test dan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks, Titiek Sudiyono, Rabu (13/10/2021).

Niken mengakui masih ada keterbatasan anggaran sehingga pemeriksaan untuk sementara jumlah pasien dibatasi per kelurahan.

Baca Juga: Baru 9 Objek Wisata di Bantul yang Kantongi CHSE

Istri Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz itu mengatakan saat ini masih dibatasi 3 orang pasien per kelurahan.

"Kita canangkan dulu, lalu akan dievaluasi. Harapannya tahun depan kita bisa adakan pemeriksaan IVA massal," jelas Niken.

Niken juga berpesan agar perempuan-perempuan Kota Magelang tidak perlu takut untuk memeriksakan diri di Puskesmas masing-masing karena akan ditangani oleh bidan dan dokter yang berkompeten.

Baca Juga: Latber Perkutut, Kung Mania Rasakan Gempa

Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz menjelaskan, pemeriksaan IVA adalah upaya paling mudah untuk mendeteksi kanker serviks secara dini.

Pemeriksaan ini penting mengingat kanker serviks merupakan pembunuh ke-2 perempuan di Indonesia setelah kanker payudara.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X