• Selasa, 7 Desember 2021

Kader PKK di Kota Magelang Harus Mengetahui Pentingnya Deteksi Dini Kanker Serviks

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 18:40 WIB
Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz mencanangkan Pekan IVA Test dan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks untuk kesehatan perempuan Kota Magelang.  (Dok Pemkot Magelang)
Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz mencanangkan Pekan IVA Test dan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks untuk kesehatan perempuan Kota Magelang. (Dok Pemkot Magelang)

 

MAGELANG, harianmerapi.com - Kader PKK di Kota Magelang harus mengetahui arti pentingnya deteksi dini kanker serviks.

Tidak hanya tahu, perempuan di Kota Magelang harus melakukan deteksi dini kanker serviks. Deteksi itu dengan pemeriksaan.

"Langkah ini penting mengingat kanker serviks merupakan pembunuh ke-2 perempuan di Indonesia setelah kanker payudara," kata Ketua Penyelenggara Pekan IVA Test dan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks, Titiek Sudiyono, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: Baru 9 Objek Wisata di Bantul yang Kantongi CHSE

Dia mengatakan kegiatan 'pekan IVA test dan sosialisasi deteksi dini kanker serviks' sebagai upaya peningkatan pengetahuan para kader PKK tentang pentingnya deteksi dini kanker serviks pada perempuan di Kota Magelang.

"Pekan IVA test dan sosialisasi ini merupakan kampanye sebagai upaya menurunkan angka kejadian dan angka kematian perempuan akibat kanker serviks dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Magelang," papar Titiek.

Dikatakan usai sosialisasi, sejumlah pengurus dan kader yang hadir juga mengikuti IVA test oleh dr. Rahmalina SpOg.

Baca Juga: Latber Perkutut, Kung Mania Rasakan Gempa

Skrining deteksi dini kanker serviks dengan metode ini akan dilanjutkan pada 14-22 Oktober 2021 di 5 Puskesmas Induk di Kota Magelang, dengan sasaran 3 perempuan per kelurahan.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X