Muswil LDII DIY Diharapkan Wujudkan Generasi Emas dan Berbudaya

- Sabtu, 25 September 2021 | 19:01 WIB
Konferensi pers jelang pelaksanaan Muswil LDII, Sabtu (25/9/2021) di Yogyakarta. (Foto: Wulan Yanuarwati)
Konferensi pers jelang pelaksanaan Muswil LDII, Sabtu (25/9/2021) di Yogyakarta. (Foto: Wulan Yanuarwati)

YOGYA, harianmerapi.com - Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) DIY akan menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-7, Minggu (26/9/2021) di Prime Plaza Hotel Yogyakarta secara luring dan daring.

Ketua Umum DPP LDII, Chriswanto Santosa mengatakan Muswil yang bertajuk 'Mewujudkan Generasi Emas Profesional Religius dan Berbudaya untuk Keistimewaan DIY yang Maju dan Sejahtera' dipilih guna mempersiapkan dan menyongsong hadirnya generasi emas Indonesia 2045, yang mana diperkirakan 70 persen penduduk Indonesia berasal dari usia produktif.

"Sehubungan dengan hal tersebut, maka pendidikan karakter menjadi prioritas program dari LDII DIY. Hal ini juga sejalan dengan predikat DIY sebagai Kota Pendidikan dan Kota Budaya," ujarnya pada konferensi pers, Sabtu (25/9/2021) di Yogyakarta.

Baca Juga: Pelaku Pembakar Mimbar Ditangkap. Mengaku Sakit Hati, Dilarang Pengurus Tidur di Masjid

Terlebih, potensi terbesar yang dimiliki Yogyakarta ialah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berasal dari kaum muda, sehingga menjadi target utama bagi LDII DIY dalam melaksanakan dakwahnya.

Dia menyebut sebagai langkah awal dalam penguatan pendidikan karakter kaum muda ialah dengan mendorong didirikannya satuan-satuan pendidikan umum namun khusus, misalnya sekolah umum dengan muatan agama yang lebih, Pondok Pesanten Mahasiswa (PPM), Pondok Pesantren Pelajar dan Mahasiswa (PPPM) maupun Pondok Pesantren Mini.

Di sisi sebagai sebuah Lembaga dakwah, dia menyebut selain melakukan dakwah bil-lisan atau secara lisan, LDII juga melaksanakan dakwah bil-hal atau dakwah dengan perbuatan.

Baca Juga: Bermanfaat untuk Pernafasan, Pesanan Susu Kambing Etawa Membludak Saat Pandemi Covid-19

Dakwah tersebut mengacu pada 8 bidang prioritas yakni bidang kebangsaan, keagamaan, ekonomi, pendidikan, pangan, lingkungan, kesehatan, teknologi digital, dan energi terbarukan.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Coffee Morning Bersama Komunitas Bandara YIA

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:03 WIB
X