• Selasa, 26 Oktober 2021

Muatan Kapal Pengayoman IV Yang Tenggelam di Nusakambangan Akan Segera Dievakuasi, Bangkai Kapal Berikutnya

- Sabtu, 18 September 2021 | 21:03 WIB
Arsip foto - Sebuah mobil saat memasuki kapal Pengayoman IV yang sedang bersandar di Dermaga Wijayapura, Cilacap, pada tanggal 21 Maret 2017.  (ANTARA/Sumarwoto)
Arsip foto - Sebuah mobil saat memasuki kapal Pengayoman IV yang sedang bersandar di Dermaga Wijayapura, Cilacap, pada tanggal 21 Maret 2017. (ANTARA/Sumarwoto)

SEMARANG, harianmerapi.com - Truk yang diangkut kapal Pengayoman IV yang tenggelam di perairan utara Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, akan segera dievakuasi. Langkah itu ditempuh agar jalur pelayaran kembali lancar.

"Posisi truk sudah didapat, nanti akan dievakuasi," kata Kepala Kemenkum HAM Jawa Tengah Yuspahruddin dalam keterangannya di Semarang, Sabtu (18/9/2021).

Setelah evakuasi, kata dia, jalur pelayaran bisa kembali lancar. Adapun untuk bangkai kapal Pengayoman IV, menurut dia, tetap juga akan dievakuasi.

Baca Juga: Kantor LBH Jogja Dilempar Bom Molotov, Motif Teror Masih Misteri

"Meski dari KSOP menyatakan tidak akan mengganggu pelayaran, tetap akan dievakuasi agar jalur pelayaran lancar," katanya.

Yuspahruddin menyampaikan terima kasih atas bantuan berbagai elemen dan pemangku kepentingan dalam proses penanganan evakuasi Pengayoman IV.

Sementara Kepala KSOP Klas II Cilacap, Purgono, mengatakan, alur pelayaran perairan Nusakambangan cukup rendah, sekitar 10,4 meter.

Baca Juga: Tim Panahan DIY Latihan di Kulon Progo Karena Kondisinya Serupa di PON XX Papua

"Untuk kapalnya sendiri tidak mengganggu, tinggal posisi truk dan mobil yang harus dicari posisinya," katanya.

Ia berharap evakuasi kapal bisa berjalan lancar mengingat kondisi cuaca di sekitar perairan Nusakambangan masih cukup baik.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X