• Selasa, 26 Oktober 2021

Pasar di Sukoharjo Mulai Ramai. Permintaan Bahan Pangan Merangkak Naik

- Senin, 13 September 2021 | 15:09 WIB
Ilustrasi. Suasana pasar (Foto : Antara)
Ilustrasi. Suasana pasar (Foto : Antara)

SUKOHARJO, harianmerapi.com - Permintaan bahan pangan merangkak naik seiring meningkatnya aktivitas masyarakat setelah ada penurunan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Virus Corona menjadi Level 3. Meski demikian hal tersebut belum berpengaruh besar. Sebab stok masih melimpah dan harga normal. Kalaupun ada kenaikan harga terjadi tidak terlalu signifikan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop) Sukoharjo Iwan Setiyono, Senin (13/9/2021) mengatakan, kondisi di pasar tradisional sekarang sudah mengalami peningkatan aktivitas. Hal itu terjadi baik dari sisi jumlah kunjungan pengunjung, transaksi pembelian berupa permintaan bahan pokok pangan, maupun bongkar muat barang dan pengiriman.

Kondisi sekarang cukup berbeda dibanding dengan sebelumnya dimana masih diberlakukan PPKM Darurat Virus Corona dan PPKM Level 4 Virus Corona. Sekarang status sudah turun menjadi PPKM Level 3 Virus Corona dan berdampak pada sejumlah penyesuaian aturan dari pemerintah baik pusat, provinsi dan daerah.

Baca Juga: 1.962 Peserta Ikuti CAT untuk Formasi P3K di Temanggung

Pelonggaran aktivitas berdampak pada kembali menggeliatnya perekonomian masyarakat. Pembelian bahan pokok pangan di pedagang mengalami peningkatan. Sebab pembelian dalam jumlah besar datang dari pembeli umum atau warga, juga berasal dari pemilih tempat usaha seperti warung makan maupun pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pelaku usaha khususnya yang bergerak dibidang makanan dan minuman membutuhkan pasokan bahan baku pangan dalam jumlah banyak. Hal ini berdampak pada peningkatan permintaan di pedagang pasar tradisional.

"Roda perekonomian terus bergerak dan di pasar tradisional kami lihat permintaan bahan pokok pangan di pedagang sudah meningkat. Masing-masing pedagang kondisinya berbeda ada yang langsung meningkat tapi ada yang merangkak perlahan. Secara umum aktivitas meningkat dan stok serta harga masih normal," ujarnya.

Baca Juga: Mendagri Tito Minta Kepala Daerah dan Wakilnya Rukun dan Bersinergi

Peningkatan aktivitas masyarakat yang berdampak pada meningkatnya pembelian bahan pokok pangan di pedagang akan terus dipantau Disdagkop UKM Sukoharjo. Pemantauan tidak hanya berkaitan dengan tersedianya barang berupa bahan pokok pangan saja, melainkan juga stabilitas harga.

"Permintaan barang di pedagang khususnya bahan pokok pangan juga bergantung pada aktivitas masyarakat. Pelaku usaha seperti warung makan, katering dan lainnya sangat membutuhkan bahan baku untuk usaha. Apabila mereka buka maka secara otomatis permintaan di pedagang pasar tradisional juga meningkat," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X