• Rabu, 7 Desember 2022

Instiper Yogya bersama Pokdarwis Ratu Boko kembangkan makanan dan minuman khas lokal untuk wisatawan Prambanan

- Kamis, 10 November 2022 | 12:40 WIB
Pelatihan produksi Wedang Dupak oleh Instiper Yogya kepada Pokdarwis Ratu Boko. (Humas Instiper Yogya)
Pelatihan produksi Wedang Dupak oleh Instiper Yogya kepada Pokdarwis Ratu Boko. (Humas Instiper Yogya)

HARIAN MERAPI - Kawasan Prambanan menjadi tujuan objek tujuan wisata sejarah dan budaya.

Berbagai candi di kawasan Prambanan menjadi daya tarik wisatawan, karena selain memiliki nilai historis dan edukasi, juga menyediakan pemandangan dan lingkungan yang menarik.

Tingkat kunjungan sebelum pandemi Covid-19 (2017) Candi Prambanan yang mencapai 2,2 juta dan Ratu Boko sebesar 0,4 juta orang per tahun memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat setempat.

Baca Juga: Musim hujan, waspadai penyakit tifus, ini yang harus dilakukan

Masyarakat di kawasan tempat wisata berkontribusi dan sekaligus mendapatkan manfaat dengan wadah kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Pokdarwis ini terlibat dalam antara lain penyediaan pemandu wisata dan penyajian atraksi budaya, dan penyediaan souvenir khas setempat seperti batik.

Pokdarwis yang aktif di kawasan candi Ratu Boko adalah pokdarwis Prabu Boko, yang diketuai Sardi. Bersama 20 anggotanya, Sardi atau sering dipanggil Pak Cemplon, menyediakan pemandu wisata, menyelenggara atraksi budaya ‘Srondol’ dan jemparingan (panahan tradisional).

Pandemi Covid menyebabkan kunjungan wisata turun drastis, menuntut kreativitas usaha Pokdarwis.

Baca Juga: Tahukah Anda gejala terpapar Covid-19 subvarian XBB, ikuti penjelasan dokter

Pokdarwis Prabu Boko kemudian berkolaborasi dengan Institut Pertanian STIPER Yogyakarta, mengembangkan makananan berbasis bahan lokal, yaitu umbi ‘enthik/kimpul’ dan minuman penghangat tubuh dari rempah-rempah yang banyak dijumpai di kawasan tersebut, yang diharapkan dapat mendukung pariwisata khas lokasi sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X