• Selasa, 9 Agustus 2022

Mak Erot, antara pengobatan alat vital, mitos dan saksualitas...

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 14:15 WIB
.Cucu Mak Erot, Muhammad Akmal menunjukkan ragam ramuan herbal di lokasi praktiknya kawasan Cawang, Jakarta, Kamis (4/8/2022).  (ANTARA/Yogi Rachman)
.Cucu Mak Erot, Muhammad Akmal menunjukkan ragam ramuan herbal di lokasi praktiknya kawasan Cawang, Jakarta, Kamis (4/8/2022). (ANTARA/Yogi Rachman)

HARIANMERAPI.com - Mendengar nama Mak Erot tentu tidak bisa dilepaskan dari praktik pengobatan alat vital yang telah melegenda sejak lama di kalangan masyarakat.

Nama Mak Erot juga terkadang dikonotasikan dengan hal-hal negatif, seksualitas, karena praktik pengobatan yang dianggap "tidak lazim".

Terkenalnya nama Mak Erot di kampung halaman yang berada di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, menjadi magnet bagi mereka yang ingin mencari solusi atas masalah vitalitas yang dialami.

Baca Juga: Kenapa kota Bogor disebut ikon wisata perkotaan? Begini jawaban Sandiaga Uno....

Praktik pengobatan legendaris ala Mak Erot itu rupanya juga dapat ditemukan di kota megapolitan, seperti Jakarta tepatnya di Cawang, Jakarta Timur.

Adalah Muhammad Akmal yang merupakan cucu dari Mak Erot. Pria kelahiran 1982 itu meneruskan tongkat estafet praktik pengobatan legendaris yang telah dipopulerkan oleh neneknya tersebut.
​​​​​
Aa Akmal begitu sehari-hari ia disapa oleh keluarga dan tetangganya. Dia mengaku telah membuka praktik pengobatan alat vital di Jakarta sejak sekitar akhir 1990-an.

Lokasi praktiknya kini berada di wilayah RT 07 RW 10, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Bagi yang pertama kali datang, mungkin akan kesulitan mencari rumah Akmal yang juga sekaligus menjadi lokasi praktiknya.

Baca Juga: Hasil pemeriksaan laboratorium negatif, Kemenkes : belum ada kasus cacar monyet di Indonesia

Sebab, untuk dapat menjangkau lokasinya harus menyusuri gang sempit permukiman padat penduduk. Tak hanya itu, Akmal juga tidak memasang spanduk atau penunjuk jalan lokasi praktiknya tersebut.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X