• Sabtu, 20 Agustus 2022

Kenapa kota Bogor disebut ikon wisata perkotaan? Begini jawaban Sandiaga Uno....

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 13:20 WIB
Tangkapan layar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) bersama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat mengikuti kegiatan gowes PHRI biketour 2022, Sabtu (6/8/2022) pagi.  (ANTARA/Linna Susanti)
Tangkapan layar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) bersama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat mengikuti kegiatan gowes PHRI biketour 2022, Sabtu (6/8/2022) pagi. (ANTARA/Linna Susanti)

BOGOR, harianmerapi.com - kota Bogor disebut sebagai ikon wisata perkotaan, karena kemajuan pariwisata di kota hujan ini mampu ciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru.

Hal itu dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, usai mengikuti kegiatan gowes PHRI biketour 2022, Sabtu (6/8/2022).

Gowes BHRI biketour sendiri mengelilingi trek lari dari wilayah pecinan Suryakencana yang biasa disebut 'China Town' Kota Bogor hingga ke Tugu Kujang yang berada di samping Kebun Raya Bogor, konsep yang diterapkan pemerintah setempat bisa menjadi 'show case' atau percontohan.

Baca Juga: Hasil pemeriksaan laboratorium negatif, Kemenkes : belum ada kasus cacar monyet di Indonesia

"Dan dalam penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru dan Kota Bogor ini adalah ikon wisata. Wisata yang menjadi konsep urban tourism," ujarnya.

Sandiaga menyampaikan sesuai dengan pesan Presiden Jokowi menjelang hari Kemerdekaaan ke-77 Republik Indonesia (RI), akan merayakan pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44 persen.

Pada sektor pariwisata pertumbuhan ekonomi nasional mencapai hampir 10 persen yakni 9,76 persen.

Namun demikian, Presiden Jokowi mengimbau agar tetap waspada pada potensi ketidakpastian ekonomi ke depan.

Sandiaga yang gowes bersama komunitas sepeda melihat dan melewati level Kota Bogor, kawasan Suryakencana, Tugu Kujang, Kebun Raya Bogor yang menjadi tujuan utama menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Baca Juga: HP meledak saat dicas, bocah SD di Ciamis meninggal dengan luka bakar di bagian dada

Menparekraf itu juga mendukung pengembangan kampung tematik, Kampung Wisata Mulyaharja yang masih menyuguhkan persawahan seluas 12 hektare di tengah kota, terletak di Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor.

"Dan kami juga akan mengunjungi Bogor Selatan dimana di situ juga ada konsep kampung wisata yang akan kita kembangkan ke depan," katanya.

Sandiaga pun mengapresiasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang memotori kegiatan gowes di trek lari favorit Kota Bogor yakni Kawasan Suryakencana hingga ke Tugu Kujang.

"Gowes ini, gowes merah putih di Bulan Merah Putih, di hari ulang tahun ke 77 dengan tagline bangkit lebih cepat pulih lebih kuat," katanya.*

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X