• Kamis, 30 Juni 2022

Krokot, Bunga Khas yang Bisa Bantu Terapi Sakit Jantung dan Cacingan

- Senin, 2 Agustus 2021 | 12:40 WIB
          Bagian daun dan batang tanaman krokot berkhasiat. (Foto: Sulistyanto) (Sulistyanto)
Bagian daun dan batang tanaman krokot berkhasiat. (Foto: Sulistyanto) (Sulistyanto)

harianmerapi.com - Tanaman krokot ada beberapa jenis, sementara beberapa warga ada yang menamakan rumput gelang. Tanaman dari suku Portuluca ini memiliki tampilan bunga yang khas, sehingga sering dijadikan tanaman hias.

Namun tak kalah penting, diyakini memiliki khasiat kesehatan, seperti untuk jantung, cacongan dan sebagainya.

Selain ada yang tumbuh liar, krokot ada pula yang dibudidayakan. Antara lain ditanam di pekarangan rumah, kompleks perkantoran, taman-taman pinggir jalan sampai kebun herbal.

Sedang khasiat kesehatannya sudah dibahas di beberapa literatur, bahkan ada yang model gethok tular. Sangat bagus sebagai usaha mencegah maupun mengatasi gangguan kesehatan.

Baca Juga: Waspadai Gelombang Tinggi Pantai Suwuk Kebumen, Warga Harus Hati-hati

“Terapi menggunakan bahan-bahan herbal seperti tanaman krokot bisa dibaca di beberapa sumber. Dengan izin Yang Maha Kuasa, akan cocok membantu terapi secara alami dan tak perlu membeli obat-obat berbahan kimia,” jelas Mulyono yang tinggal di kawasan Sleman.

Sebagai contoh ketika digunakan untuk terapi sakit jantung, yaitu bisa menggunakan empat batang krokot, empat daun dan satu sendok madu murni. Masih ditambah setengah gelas air sudah dimasak sampai mendidih. Bagian batang serta daun krokot dicuci bersih menggunakan air mengalir, lalu ditumbuk sampai halus.

Selanjutnya ditambah air yang sudah masak dan madu murni. Setelah itu bisa diperas dan disaring. Dalam sehari cukup minum dua kali ramuan alami tersebut.

Baca Juga: Dikejar Mbak Kunthi Gara-gara Kencing di Sembarang Tempat

Ada pula yang memanfaatkan krokot untuk membantu mengatasi cacingan pada anak-anak sampai dewasa. Kemampuan ramuan berbahan krokot mengeluarkan cacing dari dalam tubuh sudah ada yang membuktikan.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X