• Kamis, 8 Desember 2022

Rutin konsumsi biji bunga matahari bantu turunkan gula darah maupun berat badan berlebih

- Sabtu, 3 September 2022 | 10:00 WIB
Biji bunga matahari sudah diproses menjadi kuaci.  (Sulistyanto)
Biji bunga matahari sudah diproses menjadi kuaci. (Sulistyanto)

HARIAN MERAPI - Tanaman bunga matahari yang ditanam dalam jumlah banyak dan saat musim berbunga akan menjadi pemandangan indah. Tak jarang biasa dijadikan latar belakang berselfie ria.

Selain memiliki banyak tampilan khas, tanaman bunga matahari juga diyakini mempunyai beberapa manfaat atau khasiat kesehatan, seperti bagian akar, batang dan daunnya.

Tak ketinggalan bagian bunga maupun biji bunga matahari yang sudah tua juga berkhasiat. Pasalnya, pada bagian dalam bunga matahari yang sudah tua akan ditemukan biji-biji warna kehitaman.

Baca Juga: BCS putuskan tak dampingi PSS Sleman di BRI Liga 1 selama September 2022 terkait kematian dua suporternya

Setelah diolah menjadi kuaci akan memiliki cita rasa khas. Dengan rutin dikonsumsi, asalkan tak berlebihan, kuaci pun bisa mendukung kesehatan badan secara alami.

Beberapa alasannya, antara lain kandungan vitamin E yang tinggi pada kuaci akan dapat membantu menjaga serta meningkatkan kesehatan kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Ada lagi kandungan antioksidan yang tinggi pada kuaci antara lain bisa berperan membantu mempercepat sembuhnya luka pada kulit secara alami.

Bagi penderita diabetes bisa juga rutin mengkonsumsi kuaci setiap hari. Pasalnya, biji bunga matahari mengandung asam klorogenat yang dapat berperan menurunkan kadar gula dalam darah.

Baca Juga: H-5 Tayang, penjualan tiket Confidential Assignment 2: International duduki peringkat 1 di 3 bioskop Korsel

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Sarkopenia, penyebab dan cara pencegahannya

Selasa, 29 November 2022 | 20:55 WIB
X