• Minggu, 2 Oktober 2022

Bantu jaga daya tahan tubuh dan percepat sembuhnya batuk dengan buah kedondong

- Senin, 15 Agustus 2022 | 09:15 WIB
Buah kedondong punya cita rasa khas, mengandung nilai gizi dan bermanfaat bagi kesehatan.  (Foto: Sulistyanto)
Buah kedondong punya cita rasa khas, mengandung nilai gizi dan bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

HARIANMERAPI.COM – Kedondong termasuk jenis buah populer dengan harga terjangkau. Saat musim panen pun cukup mudah ditemukan di pasaran.

Ketika dikonsumsi langsung maupun dibuat olahan seperti minuman jus atau dicampurkan pada lotis dan rujak akan memberi cita rasa khas. Tak kalah penting, kedondong juga memiliki kandungan gizi.

Salah satunya, yaitu mempunyai banyak kandungan vitamin C sehingga akan mampu membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh agar tak mudah terkena aneka keluhan kesehatan.

Baca Juga: Hasil penelitian, jalan kaki dua menit setelah makan bisa kurangi risiko diabetes

Beberapa sumber pun menyebutkan, dengan rutin mengkonsumsi buah kedondong akan membantu mempercepat sembuhnya serangan batuk. Dapat pula menerapkan resep sederhana, yaitu memanfaatkan dua buah kedondong.

Bahan alami ini segera dikupas kulitnya, lalu dicuci bersih menggunakan air mengalir seperti air dari kran. Selanjutnya segera diparut.

Hasil parutan buah kendondong tersebut tanpa ditambah air lalu segera diperas. Air hasil perasannya bisa ditambah sedikit garam dan diminum, sehari bisa dua atau tiga kali.

Baca Juga: Deteksi potensi penyakit di masa depan, Kemenkes luncurkan BGSi

Selain kedondong, buah belimbing wuluh juga dikenal mampu membantu melawan atau mempercepat sembuhnya serangan batuk. Selain rutin mengkonsumsi belimbing wuluh, bisa juga dengan resep sederhana lain.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tujuh titik picu atasi keluhan sakit kepala

Senin, 5 September 2022 | 16:25 WIB
X