• Senin, 27 Juni 2022

Labu Kuning Banyak Dicari Saat Ramadhan, Dijadikan Bahan Minuman Segar untuk Imunitas Tubuh

- Rabu, 20 April 2022 | 09:15 WIB
Labu kuning mempunyai manfaat kesehatan dan banyak dicari saat Bulan Ramadhan.  (Foto: Sulistyanto)
Labu kuning mempunyai manfaat kesehatan dan banyak dicari saat Bulan Ramadhan. (Foto: Sulistyanto)


harianmerapi.com – Beberapa jenis bahan alami untuk membuat minuman segar dan menyehatkan banyak dicari saat Bulan Ramadhan, misalnya labu kuning, timun suri dan blewah.

Labu kuning atau ada pula yang menyebut waluh, antara lain dapat dicampurkan pada es buah, jus, kolak dan beberapa jenis minuman lainnya. Bahkan bisa pula dikonsumsi dengan dikukus dahulu sampai diolah menjadi bahan untuk pembuatan kue.

Beberapa sumber menyebutkan, dalam daging labu kuning memiliki kandungan zat besi cukup tinggi, sehingga bisa berperan membentuk hemoglobin dan sel darah merah di dalam tubuh.

Baca Juga: Ini Keunggulan Bedug Produk Desa Kroyo Gebang Purworejo yang Perajinnya Banjir Order Reparasi Selama Ramadhan

Bahkan bisa berperan untuk membantu mencegah dan mempercepat sembuhnya gangguan kesehatan pada mata, karena memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi.

Ada pula kandungan mineral kalsium cukup tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, misalnya sebagai ikhtiar mencegah osteoporosis atau tulang rapuh.

Tak kalah penting, bisa berperan mendukung imunitas atau kekebalan tubuh. Alasannya antara lain, dalam daging labu kuning terkandung vitamin C, sehingga bisa meningkatkan produksi sel darah putih serta meningkatkan sel-sel kekebalan untuk bekerja lebih efektif, dan menyembuhkan luka lebih cepat.

Baca Juga: Petung Jawa Weton Rabu Legi 20 April 2022, Ikut Numpang Bisa Jadi Pegawai PNS atau Swasta

Ada pula kandungan beta karoten yang bisa mengubah vitamin A dalam tubuh. Fungsi vitamin A, misalnya bisa meningkatkan sistem imun dan membantu mengobati infeksi.

Sedangkan seseorang yang kekurangan vitamin A dapat berisiko memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, alias mudah terkena gangguan kesehatan. Selain vitamin C dan A, dalam daging labu kuning juga terkandung vitamin E, zat besi dan folat yang juga bisa membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X