• Jumat, 27 Mei 2022

Manfaat Mlanding untuk Mengatasi Cacingan, Menurunkan Kadar Gula Darah, Mengurangi Risiko Kanker

- Jumat, 28 Januari 2022 | 18:25 WIB
          Biji kemlandingan memiliki khasiat kesehatan, saat dijual di pasaran bisa dikemas menggunakan plastik bening. (Foto: Sulistyanto)
Biji kemlandingan memiliki khasiat kesehatan, saat dijual di pasaran bisa dikemas menggunakan plastik bening. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Jenis tanaman mlanding atau manding atau petai cina diyakini memiliki beberapa khasiat kesehatan seperti mengatasi cacingan, menurunkan kadar gula, mengurangi risiko kanker, penangkal radikal bebas.

Biji mlanding yang belum terlalu tua dapat juga dijadikan bahan baku beberapa jenis olahan seperti bothok dan dicampurkan pada pecel dan urap.

Adapun pemanfaatan biji maupun daun manding sebagai obat alami telah lama diterapkan sejak zaman nenek moyang, jauh sebelum ada banyak kemajuan teknologi modern.

Baca Juga: Kekayaan Bukan Segalanya 15: Manusia Merencanakan Tuhan yang Menentukan, Kekayaan Tak Mampu Jadi Penyelamat

Ketika rutin mengkonsumsi olahan biji kemlandingan antara lain diyakini dapat sebagai penangkal radikal bebas dan mampu menurunkan atau mengurangi risiko terkena serangan kanker.

Dapat juga biji manding dibuat ekstrak, lalu dapat diseduh dengan air panas termasuk bisa ditambah bahan berkhasiat lain dan madu murni.  

Lain halnya jika digunakan sebagai musuh bebuyutan serangan cacingan dapat menerapkan resep sederhana berbahan biji mlanding.

Resep pertama, yaitu dengan menumbuk halus biji mlanding yang sudah kering secukupnya. Setelah itu bubuk tersebut diseduh dengan air panas dan dalam keadaan hangat segera diminum.

Baca Juga: Durian Montong Asal Bali Ada Ukuran Jumbo, Berapa Kilogram Beratnya dan Apa Kelebihannya?

Resep kedua, cukup mengkonsumsi biji kemlandingan masih mentah secara rutin. Hal ini diharapkan dapat membantu mengusir cacing yang ada dalam tubuh serta mengeluarkannya secara alami.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X