• Jumat, 27 Mei 2022

Manfaat Kemiri untuk Mengatasi Keluhan Sembelit dan Kesehatan Rambut

- Rabu, 17 November 2021 | 10:57 WIB
          Kemiri termasuk jenis rempah-rempah yang memiliki khasiat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Kemiri termasuk jenis rempah-rempah yang memiliki khasiat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Salah satu bahan rempah-rempah, kemiri bisa dimanfaatkan untuk mebantu memulihkan sekehatan secara alami. Antara lain untuk membantu melawan keluhan sembelit hingga mendukung kesehatan rambut.

“Selain biasa dimanfaatkan sebagai campuran bumbu masakan, kemiri diyakini juga memiliki khasiat kesehatan atau bisa dijadikan sebagai obat alami,” kata Amin Shidik yang tinggal di kawasan Godean Sleman.

Cara manfaat kemiri untuk membantu melawan sembelit, dapat menggunakan  satu buah kemiri kualitas bagus. Bahan alami ini masih perlu ditambah bahan lainnya seperti dua siung bawah merah, 30 gram daun urang aring, 10 gram kayu manis, lima gram pulosari, enam gram adas dan setengah sendok teh garam.

Baca Juga: Pernikahan yang Tak Direstui 30: Haru Bertemu Anak Kandung yang Lama Terpisahkan

Semua bahan dihaluskan lalu direbus dengan 800 cc air sampai tersisa separuhnya.  Setelah itu disaring dan airnya diminum dua kali sehari, ssetiap kali minum cukup 200 cc. 

“Kemiri bisa juga diproses menjadi wujud minyak kemiri antara lain punya manfaat kesehatan untuk mendukung kesehatan rambut,” urainya.

Adapun resep sederhana menggunakan kemiri untuk membantu menyuburkan ataupun mendukung kesehatan rambut  termasuk mencegah  rambut mudah rontok.

Baca Juga: Seorang Ibu yang Menjengkelkan tapi Baik Hati dan Perempuan Cantik Disangka Laki-laki

Cara yang bisa diterapkan, yakni dengan ditambah daun pandan wangi dan sejumlah rempah-rempah lain lalu diolah menjadi minyak kemiri. 

Hasilnya cukup rutin diusapkan pada kulit kepala, selain bisa menjaga kesehatan rambut termasuk menyuburkan, menghitamkan serta mencegah rontok, dipercaya pula bisa membantu menyingkirkan ketombe.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X