• Sabtu, 4 Desember 2021

Daun Ceremai Berkhasiat Sebagai Musuh Kolesterol Jahat, Sembelit dan Serangan Asma

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 06:00 WIB
Tanaman ceremai banyak dimanfaatkan bagian daun dan buahnya. (Foto: Sulistyanto)
Tanaman ceremai banyak dimanfaatkan bagian daun dan buahnya. (Foto: Sulistyanto)

harianmerai.com - Bahan alami berkhasiat biasanya bisa saling dipadukan atau dikombinasi dengan bahan lain. Seperti jenis kunir, daun salam, ceremai, daun dewa dan cakar ayam.

Disampaikan herbalis asal Nitipuran Kasihan Bantul, Sriyono, perpaduan aneka herbal diyakini bisa membantu mencegah serta melawan keluhan kesehatan. Seperti halnya sebagai musuh atau rival kolesterol jahat, bisa mengkombinasikan bahan wujud daun ceremai, daun jati belanda, bengle, kunir putih dan daun jati china.

Meski secara tunggal juga berkhasiat, namun ketika saling dipadukan akan lebih berkhasiat.

Baca Juga: Siapa yang Main Kartu Remi Tadi Malam?

“Ibarat dalam perang, bisa identik ada komandannya dan ada prajurit-prajuritnya. Tak jarang ada juga produk herbal, misalnya wujud serbuk perlu dipadu beberapa rempah yang menambah citarasa serta berfungsi sebagai prajurit,” papar Sriyono.

Khusus ceremai, lanjutnya, dikenal sebagai tanaman berkhasiat obat dan ia juga mempunyai tanamannya di halaman rumah. Baik daun maupun buahnya memiliki khasiat obat alami.

Penggunaan secara tunggal, antara lain untuk membantu  mengatasi sembelit. Caranya, cukup dengan merebus daun ceremai secukupnya, lalu disaring dan diminum dalam keadaan masih hangat. Bahkan bisa juga rutin membuat lalaban dari daun ceremai yang tak terlalu tua.

Baca Juga: Gantungkan Cita-cita Setinggi Langit 3: Kesuksesan Anak, Kebanggaan Orangtua

Bagian buahnya antara lain untuk membantu melawan serangan asma. Caranya, buah ceremai sudah masak enam buah, bawang merah dua butir serta buah kelengkeng delapan butir.

Semua bahan dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu direbus dengan dua gelas air bersih sampai tersisa satu setengah  gelas. Dalam keadaan masih panas segera disaring dan diminum setelah dingin maupun masih hangat.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB

Ini Bahaya Pancaran Sinar Biru Bagi Kulit Manusia

Sabtu, 20 November 2021 | 16:45 WIB

Asam Lambung Naik, Kenali Penyebabnya

Jumat, 19 November 2021 | 11:15 WIB
X