• Rabu, 26 Januari 2022

Manfaat Bayam Merah untuk Mengatasi Darah Rendah dan Amenia

- Selasa, 16 November 2021 | 18:30 WIB
          Bayam merah bisa membantu menormalkan beberapa gangguan kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Bayam merah bisa membantu menormalkan beberapa gangguan kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Beberapa varietas bayam, misalnya bayam merah dan hijau diyakini ada khasiat kesehatannya.

Cara pemanfaatannya antara lain dibuat beberapa jenis sayur, untuk lalapan sampai campuran membuat urap dan pecel.  Dengan rutin mengkonsumsi olahan bayam merah antara lain ditakuti oleh tekanan darah rendah, kurang darah ataupun anemia.

Artinya juga bisa membantu menormalkan tekanan darah. Tak ketinggalan, dapat juga sebagai bahan alami berkhasiat untuk membantu mengusir serangan disentri.

Baca Juga: Pasien Disangka Petugas Rumah Sakit dan Kakek Ditinggalkan Begitu Saja di Pinggir Jalan

Resep yang bisa diterapkan, antara lain menggunakan daun segar bayam, lalu dicuci bersih dan direbus. Air hasil rebusan diminum dan bayamnya bisa dimakan langsung. Bisa juga dibuat minuman jus.

Selain itu bayam merah bisa untuk membantu melancarkan buang air besar (BAB), sebab termasuk jenis sayur yang memiliki kandungan serat cukup tinggi.

Tak kalah penting, bisa digunakan untuk membantu membersihka darah sehabis bersalin, bahkan ikut memperkuat ataupun menyehatkan akar rambut.

Baca Juga: Lelembut Itu Pergi Tanpa Pesan Setelah Ditegur Secara Halus

Adapun untuk pemakaian luar, daun digiling sampai halus lalu ditempelkan pada luka, misalnya akibat gigitan binatang berbisa.

“Daun binahong juga termasuk bahan alami yang mempunyai khasiat kesehatan. Dengan izin Yang Maha kuasa, beberapa keluhan kesehatan dapat diatasi dengan binahong,” terang Rohani yang tinggal di kawasan Minggir Sleman.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X