• Kamis, 9 Desember 2021

Sakit Kepala Banyak Sekali Jenisnya, Ini Penjelasan Dokter

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:00 WIB
Ilustrasi sakit kepala  (Pexels)
Ilustrasi sakit kepala (Pexels)

harianmerapi.com - Hampir semua orang pernah merasakan sakit kepala. Namun sebenarnya banyak sekali jenis dari sakit kepala, sehingga perlu diwaspadai dan mengetahunya secara pasti untuk mengatasinya.

Dokter Riana Nirmala Wijaya dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pun menjelaskan serba serbi seputar sakit kepala, mulai dari jenis, durasi sakit yang normal, makanan pemicu, solusi hingga perbedaan sakit kepala karena tegang dan migrain yang umumnya diderita masyarakat.

"Jenis sakit kepala ada primer dan sekunder. Yang primer adalah sakit kepala tegang, migrain dan cluster," kata Riana dalam konferensi pers daring, Sabtu 23 Oktober 2021.

Baca Juga: Misteri Alunan Biola di Rumah Tua yang Bikin Merinding

Dijelaskannya, sakit kepala tegang membuat kepala terasa tegang, sakit bagai diikat. Biasanya rasa nyeri ada di dua sisi. Sakit kepala yang bisa terjadi berulang ini menimbulkan nyeri "tumpul" yang tidak berdenyut-denyut. Jenis sakit kepala ini yang sering terjadi hingga pada 42 persen populasi.

Sakit kepala tegang yang wajar bisa berlangsung hingga empat jam. Segera periksakan diri ke dokter bila tak kunjung sembuh setelah meminum obat dan sakitnya berulang-ulang serta berlangsung terlalu lama.

Jenis kedua adalah sakit kepala migrain yang umumnya terjadi pada satu sisi. Dibandingkan sakit kepala tegang, migrain terasa nyeri dan menusuk-nusuk. Selanjutnya adalah sakit kepala cluster yang nyerinya intens.

Baca Juga: Nasib Petualang Cinta 1: Gonta-ganti Pacar Jadi Kebiasaan

Rasa sakitnya dapat menjalar hingga ke leher bahkan ke pipi. Selain nyeri, penderita bisa mengeluarkan keringat dingin dan mata serta hidungnya berair.

Sementara sakit kepala sekunder biasanya disebabkan oleh hal lain, misalnya penyakit sinusitis.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Risiko Kasus ISPA Meningkat Saat Musim Hujan

Kamis, 9 Desember 2021 | 10:45 WIB

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB

Ini Bahaya Pancaran Sinar Biru Bagi Kulit Manusia

Sabtu, 20 November 2021 | 16:45 WIB

Asam Lambung Naik, Kenali Penyebabnya

Jumat, 19 November 2021 | 11:15 WIB
X