Waspada, perampok cari sasaran di media sosial, ini modusnya

- Senin, 28 November 2022 | 09:33 WIB
Ilustrasi (dok harianmerapi.com)
Ilustrasi (dok harianmerapi.com)



MUNGKIN ini bukan modus baru, namun tetap harus diwaspadai. Perampok beraksi melalui media sosial (medsos), dengan sasaran gadis muda. Awalnya dianjak berkenalan dan ngobrol lewat medsos.

Setelah cukup akrab, barulah pelaku mengajak kencan pergi ke suatu tempat. Bila ini berhasil, maka pelaku melancarkan jurus selanjutnya, yang ujung-ujungnya membawa kabur barang milik korban.

Itulah yang dialami Ratna (21), warga Karanganom Klaten. Awalnya ia berkenalan lewat medsos dengan laki-laki yang mengaku bernama Reza.

Baca Juga: MM Kine Klub UMY gelar Kineidoscope 2022, mulai dari pemutaran film hingga seminar perfilman

Singkat cerita, setelah perkenalan intens dan saling percaya, laki-laki yang mengaku bernama Reza ini mengajak Ratna pergi ke Pantai Selatan Gunungkidul. Namun sebelumnya Ratna harus menjemput Reza di Tegaltirto Berbah Sleman.

Mereka pun pergi berboncengan menggunakan motor Ratna menuju Gunungkidul. Tapi sampai di Playen ban gembos, kemudian Reza berdalih mencari tambal ban dengan membawa motor Ratna. Ternyata, setelah ditunggu lama Reza tak juga nongol.

Motor Ratna dibawa kabur. Korban kemudian lapor polisi. Hebatnya, setelah melakukan penyelidikan, polisi berhasil menangkap Reza bersama barang bukti.

Baca Juga: Wujudkan wilayah bebas blind spot, Komisi III DPRD Kulon Progo dorong pelaksanaan Perda SPBE

Kita mengapresiasi langkah cepat kepolisian yang berhasil menangkap pelaku. Ini sekaligus membuktikan bahwa polisi bertindak cepat melayani masyarakat. Kepolisian juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk melacak keberadaan pelaku kejahatan. Alhasil, pelaku berhasil dibekuk lengkap dengan barang buktinya.

Mencermati kasus di atas, kejahatan menggunakan medsos bukan fenomena baru. Namun mengapa tetap saja jatuh korban ? Hal ini banyak tergantung pada antisipasi calon korbannya. Pelaku sepertinya sudah mempelajari modus perampokan dengan memanfaatkan media sosial. Seperti kita ketahui medsos bisa digunakan untuk keperluan apa saja, baik yang positif maupun negatif.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catatan Hendry Ch Bangun: Ombudsman Media

Rabu, 1 Februari 2023 | 12:00 WIB

Sikap Muslim terhadap Al Qu’ran

Rabu, 1 Februari 2023 | 06:17 WIB

Mengapa mengemis daring dilarang, ini sebabnya

Selasa, 31 Januari 2023 | 09:30 WIB

Awas, jangan beli barang curian, ini risikonya

Senin, 30 Januari 2023 | 11:00 WIB

Cegah anak terlibat klitih, orangtua pun perlu dibina

Senin, 30 Januari 2023 | 09:30 WIB

Catatan Hendry Ch Bangun: Setelah kompeten, apa?

Selasa, 24 Januari 2023 | 11:00 WIB
X