Rok Masuk Rantai Bisa Berakibat Fatal, Nyawa Melayang

- Jumat, 1 Juli 2022 | 09:30 WIB
Wanita tewas usai rok masuk rantai motor. (Foto: dokumentasi Humas Polresta Jogja)
Wanita tewas usai rok masuk rantai motor. (Foto: dokumentasi Humas Polresta Jogja)

INI Peringatan bagi pengendara sepeda motor, khususnya perempuan, untuk lebih berhati-hati, terutama yang memakai rok. Mengapa ? Sebab, bila rok masuk gir atau rantai bisa celaka dan fatal.

Ini pula yang dialami pengendara wanita warga Jalan Sidokabul Yogya, TAP (25) yang mengalami kecelakaan di Jalan Ki Mangunsarkoro, Pakualaman Yogya Selasa malam lalu.

Ia jatuh terpelanting hingga mengenai aspal setelah rok pembocengnya, HEW, masuk rantai hingga motor oleng tak terkendali. Motor pun ambruk dan keduanya jatuh terpelanting.

Baca Juga: PSS Sleman Andalkan Striker Mychell Chagas Hadapi Persib di Laga Perempat Final Piala Presiden 2022 Hari Ini

TAP mengalami luka sangat parah karena benturan di kepala dan hidung mengeluarkan darah, sedang pemboncengnya mengalami pusing dan syok. Warga yang mengetahui kejadian tersebut membawa korban ke rumah sakit, namun jiwa TAP tidak tertolong.

Kecelakaan tunggal ini sungguh tragis, hanya gara-gara rok nyrimpet di rantai. Kita sering mendengar kasus serupa, namun tidak sampai pengendaranya mengalami kejadian fatal, karena motor melaju tidak terlalu kencang dan rok kesrimpet sudah diketahui sejak awal sehingga pengendara langsung berhenti.

Dalam kasus di atas, kemungkinan  motor melaju dengan kecepatan tinggi atau sedang, sehingga ketika rok nyrimpet, kendaraan tak bisa dikendalikan hingga berakibat fatal. Karena peristiwa semacam ini sering terjadi, selayaknya para pengendara motor lebih berhati-hati ketika berkendara.

Baca Juga: Provinsi di Papua Bertambah, Polri Berencana Bentuk Tiga Polda Baru

Bila memakai rok, harus dipastikan tidak sampai menjulur ke rantai atau gir. Tentu relatif lebih aman bila pengendara memakai celana panjang. Atau kalaupun hendak memakai rok, lebih baik menggunakan motor matic yang lebih terlindungi.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catatan Hendry Ch Bangun: Ombudsman Media

Rabu, 1 Februari 2023 | 12:00 WIB

Sikap Muslim terhadap Al Qu’ran

Rabu, 1 Februari 2023 | 06:17 WIB

Mengapa mengemis daring dilarang, ini sebabnya

Selasa, 31 Januari 2023 | 09:30 WIB

Awas, jangan beli barang curian, ini risikonya

Senin, 30 Januari 2023 | 11:00 WIB

Cegah anak terlibat klitih, orangtua pun perlu dibina

Senin, 30 Januari 2023 | 09:30 WIB

Catatan Hendry Ch Bangun: Setelah kompeten, apa?

Selasa, 24 Januari 2023 | 11:00 WIB
X