• Senin, 3 Oktober 2022

Sulitnya Cari Orang Jujur, Inilah Teladan Mbah Onoikromo

- Jumat, 6 Mei 2022 | 10:30 WIB
ilustrasi (dok harian merapi)
ilustrasi (dok harian merapi)

 

MUNGKIN ini peristiwa langka yang dialami Miskinem warga Pajangan Bantul. Ia kehilangan kalung emas 4,8 gram kira-kira 16 tahun lalu, dan barang berharga itu bisa kembali ke tangannya beberapa hari lalu.

Ya, kalung itu ditemukan orang yang baik hati, yakni mbah Onoikromo di sebuah angkot rute Pajang-Jogja-Bantul tahun 2006.

Kemudian mbah Onoikromo menyerahkan kepada cucunya Abdul Rohman untuk mengumumkan siapa yang kehilangan kalung tersebut. Ironisnya, sampai mbah Onoikromo meninggal, tak ada orang yang mengaku kehilangan kalung, padahal sudah diumumkan oleh Abdul Rohman lewat media sosial.

Baca Juga: Jumlah Suspek Hepatitis Misterius Terus Bertambah, Prof Zubairi Djoerban Ingatkan Kebersihan Tangan

Sampai akhirnya, upaya Abdul Rohman melacak keberadaan sang pemilik kalung tak sia-sia. Ia menemukan alamat Miskinem dan langsung menyerahkan kalung tersebut.

Saat kalung itu ditemukan,  semua surat lengkap termasuk nama pemiliknya, namun proses untuk mengembalikan barang berharga tersebut sangat berliku. Cerita di atas bukanlah fiktif, namun nyata dalam kehidupan masyarakat kita. Artinya, di tengah arus modernisasi, masih ada orang-orang baik yang dengan ikhlas mengembalikan barang berharga yang bukan miliknya.

Padahal, di tengah sana ada sekelompok orang yang berebut harta yang bukan miliknya, bahkan kalau perlu dengan cara kekerasan. Andai saat itu mbah Onoikromo  dan cucunya diam saja dan mendaku kalung tersebut, sebenarnya tidak akan ada orang tahu. Namun mereka adalah orang-orang baik yang tak mau memiliki harta yang bukan haknya.

Baca Juga: Panglima TNI Minta Jumlah Prajurit Wanita di Pasukan Perdamaian Diperbanyak

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rekayasa dan Pemelintiran Hukum

Senin, 3 Oktober 2022 | 14:00 WIB

Visi berkeluarga Muslim: Baiti Jannati

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:26 WIB

Bahaya bercanda saat mancing, ajari anak berenang

Senin, 26 September 2022 | 16:57 WIB

Tawakal gapai harapan hidup yang lebih baik

Jumat, 23 September 2022 | 05:52 WIB

Orang-orang Baik di Negeri Pancasila

Kamis, 22 September 2022 | 11:45 WIB
X