• Senin, 27 Juni 2022

Tujuh Nilai Hidup Ibadah Puasa Bagi Orang yang Sedang Saum, Salah Satunya Membentuk Ketahanan Rohaniah

- Rabu, 6 April 2022 | 03:30 WIB
 Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)

harianmerapi.com - Puasa Ramadhmian yang dilakukan umat Islam sedunia sekarang ini bukan saja memantulkan nilai-nilai ubudiyah, yang diharapkan imbalan (pahalanya) di hari akhirat kelak,

tetapi juga mengandung nilai-nilai hidup yang mendatangkan sukses dan kemantapan dalam kehidupan di dunia sekarang ini.

Ujian hidup berupa pandemi Covid-19 yang nampaknya akan segera berakhir itu, menuntut lahirnya generasi tangguh yang tidak goyah didera berbagai ujian
kehidupan.

Baca Juga: Juragan Perumahan Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan dengan Warga Temanggung, Rupanya Ada Sebabnya

Ibadah puasa telah memberikan nilai-nilai keutamaan yang sekaligus sebagai nilai-nilai yang penting untuk meneguhkan pribadi yang kuat, sigap, dan tidak mudah limbung menghadapi berbagai ujian hidup, termasuk pandemi Covid-19.

Setidaknya ada tujuh nilai keutamaan puasa yang penting dalam kehidupan ini; yakni:

Pertama, membentuk ketahanan rohaniah. Ibadah puasa melatih jiwa (rohaniah) manusia supaya dapat menguasai dan mengendalikan hawa nafsunya, sehingga tumbuh ketahanan rohaniah.

Ketahanan rohaniah adalah faktor yang sangat menentukan baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan suatu masyarakat bahkan kelestarian suatu bangsa.
Apabila ketahanan rohaniah itu sudah tumbuh, maka seseorang atau suatu bangsa akan mampu menghadapi tantangan dan kendala yang dihadapinya.

Kedua, menyehatkan jasmaniah. Ibadah puasa membentuk ketahanan jasmaniah (fisik), sebab perut besar diatur waktunya dalam menerima dan mencernakan makanan.

Baca Juga: Safari Tarawih Pemkab Sleman Kembali Digelar pada Ramadhan Tahun Ini Setelah Terhenti 2 Tahun Karena Covid-191

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Kunci Masuk Surga

Senin, 20 Juni 2022 | 05:30 WIB

Keadilan Sosial, Konsep dan Nilai Positifnya

Jumat, 3 Juni 2022 | 06:08 WIB
X