• Minggu, 3 Juli 2022

Suami Bunuh Istri Gara-gara Ingin Poliandri

- Minggu, 23 Januari 2022 | 06:00 WIB
Ilustrasi (Dok Harian Merapi)
Ilustrasi (Dok Harian Merapi)

 

DI Jakarta Timur, tepatnya Jalan Pondok Kelapa Selatan, Duren Sawit, seorang suami W (41) nekat menghabisi nyawa istrinya sendiri. Gara-garanya sang istri ingin menikah lagi.

Keinginan tersebut disampaikan sang istri kepada W untuk meminta izin. Begitu mendengar keinginan tersebut W langsung naik pitam dan  tak bisa mengendalikan diri hingga melakukan pembunuhan terhadap istrinya beberapa hari lalu.

Polisi pun telah menangkap W sebagai tersangka pelaku pembunuhan istri sendiri. Kasus ini tergolong menarik dan fenomenal. Karena sangat jarang peristiwa seorang istri meminta izin suaminya untuk menikah lagi. Wajar seandainya W tersinggung dan marah. Namun, sayangnya kemarahan itu ia lampiaskan dengan cara menghabisi nyawa istrinya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Lampu Mobil Menguning dan Kusam, Mudah Dilakukan di Rumah dan Biayanya Murah

Barangnyakali sang istri berpikir daripada selingkuh, lebih baik meminta izin suaminya untuk menikah lagi. Padahal,  dalam hukum perkawinan di Indonesia (UU No 1 Tahun 1974) tidak memungkinkan seorang  perempuan menikahi lebih dari seorang pria atau dikenal dengan istilah poliandri.

Ini berbeda dengan pria yang memungkinkan untuk menikahi lebih dari satu orang perempuan dalam waktu bersamaan atau dikenal dengan istilah poligami. Agaknya, istri W terlalu jujur sehingga harus meminta izin kepada suaminya untuk menikah lagi. Tak tahunya keinginan itu malah mengantarkan nyawanya melayang.

Berbeda dengan pria yang dimungkinkan melakukan poligami, seorang perempuan dilarang melakukan poiandri, dan jika itu dilanggar akan membawa konsekuensi hukum. Perkawinan secara poliandri tidak diakui oleh negara, sehingga justru dikategorikan sebagai perzinahan. Jika demikian, maka tindakan tersebut malah dijerat Pasal 284 KUHP tentang perzinahan dengan ancaman hukuman sembilan bulan penjara.

Baca Juga: Khasiat Jamur Tiram Antara Lain Hindarkan Sakit Jantung, Menurunkan Berat Badan, Hipertensi dan Cegah Anemia

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keadaban Bernegara Hukum

Jumat, 1 Juli 2022 | 10:00 WIB

Meneladani Pendidikan Keluarga Nabi Ibrahim AS

Jumat, 1 Juli 2022 | 05:30 WIB

Kakek Cabuli Dua Bocah, Ini Akibatnya

Selasa, 28 Juni 2022 | 09:30 WIB

Jam Malam Anak, Cegah Kejahatan Jalanan

Senin, 27 Juni 2022 | 09:30 WIB

Bentuk Fisik Rasulullah, Ini Menurut Para Ulama

Minggu, 26 Juni 2022 | 07:00 WIB
X