• Selasa, 7 Desember 2021

Saf Salat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Kembali Rapat, Indonesia Belum Bisa , Ini Alasannya

- Senin, 18 Oktober 2021 | 17:33 WIB
 Umat Islam melakukan Tawaf keliling Ka'bah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah Umroh di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Jumat (3/5/2019).  (ANTARA FOTO/Aji Styawan)
Umat Islam melakukan Tawaf keliling Ka'bah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah Umroh di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Jumat (3/5/2019). (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

harianmerapi.com- Ini kabar gembira buat umat Islam seluruh dunia menyusul pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi yang membuka aktivitas ibadah seratus persen Haramain Syarifain, termasuk dua masjid yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, sejak Ahad (17/10/2021).


Dikutip dari laman resmi haramainsyarifain.com, Senin (18/10/2021) aktivitas di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah normal seratus persen. Semua stiker yang menandai jarak antarjemaah pun sudah dilepas.

Dengan demikian, tidak ada lagi jarak saf antarjemaah. Saf untuk jemaah sudah rapat lagi.
Begitu pula menyangkut kapasitas jemaah telah dipulihkan seratus persen.

Baca Juga: Kasus Larangan Pengibaran Merah Putih, Menpora dan LADI Minta Maaf


Meski begitu, menurut sumber di Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, mereka yang bisa masuk ke Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi hanyalah mereka yang telah divaksin dan berusia di atas 12 tahun.


Banyak netizen yang mempertanyakan bagaimana dengan kondisi di Indonesia apakah tak bisa diberlakukan seperti di Arab Saudi, di mana sudah tak ada lagi jarak saf antarjemaah.


Dikutip dari laman humammadiyah.or.id, Wakil Ketua Bidang Kerjasama dan Advokasi Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Pusat, dr Corona Rintawan mengatakan, kabar dari Arab Saudi tentang penghilangan jarak salat tersebut adalah informasi yang menggembirakan.

Baca Juga: Situs Pemerintah Disusupi Judi Online, Ini Penyebabnya


"Akan tetapi tidak serta merta bisa ditiru atau diterapkan di masjid-masjid di Indonesia," terangnya.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandemi, Kita Belajar Berhemat

Minggu, 5 Desember 2021 | 05:00 WIB

Dampak Perubahan Iklim Mulai Terasa

Kamis, 18 November 2021 | 10:32 WIB
X