• Senin, 27 Juni 2022

MUI Sesalkan Seorang Pria Tendang dan Buang Sesajen di Gunung Semeru

- Senin, 10 Januari 2022 | 15:08 WIB
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis.  (Foto: Wulan Yanuarwati)
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis. (Foto: Wulan Yanuarwati)

JOGJA, harianmerapi.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyesalkan perbuatan seorang lelaki yang membuang dan menendang sesajen di Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur sambil mengucapkan takbir yang viral di jagad maya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis menegaskan cara berdakwah tidak boleh menyakiti orang lain.

"Cara menyampaikan dakwah tidak dengan cara menyakiti orang yang diajak, tidak dengan cara menistakan orang yang diajak," tegasnya, Senin (10/1/2022) di Jogja.

Baca Juga: Viral Seorang Pria Tendang dan Buang Sesaji di Lumajang Bikin Geram Alissa Wahid

Cholil meminta agar seluruh umat saling menghargai kepercayaan keyakinan orang lain yang berbeda apalagi jangan sampai menistakan.

"Saya berharap di antara kita saling menghormati, saya tidak setuju adanya tindakan menendang sesajen kemudian menistakan keyakinan yang lain," tegasnya.

Dia menegaskan cara berdakwah yang merendahkan dan menistakan orang lain seperti itu tidak pantas ditiru. Apalagi jika sesajen dimaknai sebagai kearifan dan budaya lokal Indonesia yang sangat beragam.

Baca Juga: Pria dalam Video Viral Perusakan Sesaji di Kawasan Erupsi Gunung Semeru Dipastikan Bukan Orang Lumajang

"Jangan ditiru cara berdakwah yang merendahkan kepada keyakinan orang lain meskipun itu dianggap oleh kita adalah salah," katanya.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X