• Jumat, 12 Agustus 2022

Tujuh Penambang Pasir Terjebak Banjir Lahar Hujan Gunung Merapi di Kali Gendol Sleman, Ini Identitasnya

- Kamis, 2 Desember 2021 | 08:49 WIB
Petugas gabungan saat mengevakuasi para penambang yang terjebak di Kali Gendol Cangkringan. (Foto: instagram @merapi_uncover )
Petugas gabungan saat mengevakuasi para penambang yang terjebak di Kali Gendol Cangkringan. (Foto: instagram @merapi_uncover )

SLEMAN,harianmerapi.com-Tujuh orang penambang pasir diselamatkan Tim SAR usai terjebak di aliran baniir Lahar Hujan Gunung Merapi. Mereka menyelamatkan diri ke sisi sungai di sebelah timur dan menunggu sampai bantuan datang selama 4 jam.

Dilihat di postingan instagram @merapi_uncover pada Kamis (2/12/2021), para penambang pasir itu berhasil diselamatkan sekitar pukul 20.15.

Mereka adalah Agus (operator) warga Watuadek, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Irvan (sopir) warga Jambon, Sindumartani, Ngemplak, Sleman, Dwi (sopir) warga Jambon, Sindumartani, Ngemplak, Sleman, Lamto warga Singlar, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Hendrik (pengawas) warga Magelang, Pono warga Batur, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman dan Bagong (helper).

"Kondisi korban semua selamat," demikian laporan dari Tim SAR.

Baca Juga: Detik-detik 7 Penambang Pasir Terjebak Banjir Lahar Gunung Merapi di Kali Gendol: 4 Jam Tunggu Bantuan Datang

Diberitakan sebelumnya jika tujuh orang penambang itu awalnya tengah beraktivitas di sekitar lokasi penambangan pasir Gemilang, Jambu Lama, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman.

Kemudian hujan turun di puncak Gunung Merapi sekitar pukul 14.00 pada Rabu siang. Hujan di puncak Merapi itu memicu banjir lahar hujan yang kemudian mengalir deras di Kali Gendol.

Mereka kemudian menyelamatkan diri dengan berbagai cara. Sekitar pukul 19.30, kejadian ini dilaporkan ke Tm SAR kemudian dilakukan evakuasi.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini Kamis 2 Desember 2021 Seputar Gunung Merapi Waspada Hujan Tetap Berpotensi Banjir

Petugas gabungan kesulitan mengevakuasi para korban karena minimnya penerangan. Akhirnya setelah banjir agak surut, para korban berhasil dievakuasi ke Dusun Jambu Cangkringan Sleman sekitar pukul 20.30.*

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X