• Selasa, 19 Oktober 2021

UKDW Yogyakarta Dukung 'Gerakan 10.000 Vaksin' untuk Percepatan Tercapainya Herd Immunity

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 14:50 WIB
Kegiatan vaksinasi dalam program 'Gerakan 10.000 Vaksin' tanggal 25 Agustus 2021 hingga 28 Agustus 2021 di Auditorium Koinonia UKDW. (Istimewa)
Kegiatan vaksinasi dalam program 'Gerakan 10.000 Vaksin' tanggal 25 Agustus 2021 hingga 28 Agustus 2021 di Auditorium Koinonia UKDW. (Istimewa)

YOGYA, harianmerapi.com - Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta sebagai institusi pendidikan tinggi mendukung upaya pemerintah dalam program percepatan vaksinasi, sehingga semakin banyak masyarakat yang mendapatkan vaksin Covid-19 dan tercipta Herd Immunity atau kekebalan komunitas.

Salah satu upaya yang dilakukan, UKDW Yogyakarta mendukung dan bekerjasama dengan Rotaract Club of Yogyakarta Malioboro yang berinisiasi menyelenggarakan 'Gerakan 10.000 Vaksin' mulai tanggal 25 Agustus 2021 hingga 28 Agustus 2021 di Auditorium Koinonia UKDW.

Wakil Rektor IV Bidang Pengembangan Kapasitas SDM dan Jejaring UKDW, Pdt. Handi Hadiwitanto, Ph.D, menuturkan UKDW memberikan dukungan penuh dengan menyediakan Auditorium Koinonia sebagai tempat vaksinasi, sarana dan prasarana yang dibutuhkan terkait kelancaran kegiatan, serta dukungan tenaga sukarelawan yang terlibat sebagai vaksinator.

Baca Juga: Kapolres Salatiga Pimpin Jajaran Kepolisian Kerja Bakti Bersihkan Pasa Raya 1 dan 2

Dalam program ini, pihak Rotaract juga secara khusus menyiapkan kurang lebih 500 dosis vaksin untuk mahasiswa UKDW yang berada di Yogyakarta.

Sementara itu Presiden Rotaract Club of Yogyakarta Malioboro, drg. Jessica Regina menjelaskan jika kegiatan ini diinisiasi oleh anak-anak muda dalam organisasi Rotaract Club of Yogyakarta Malioboro bersama Rotary Club (RC) Yogyakarta Malioboro, RC Yogyakarta Mangkubumi, RC Yogyakarta Tamansari, RC Mataram Yogyakarta, dan RC Merapi.

Rotary dan Rotaract ingin membantu pemerintah dengan berpartisipasi aktif dalam vaksinasi Covid-19 terutama di Yogyakarta. Banyak pihak yang mendukung kegiatan ini di antaranya UKDW sebagai penyedia lokasi kegiatan, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sebagai penyedia vaksin, dan para volunteer yang memastikan vaksinasi berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Ingin Layanan Cepat Pasien Stroke, Gunakan Aplikasi FAST Rescue, Begini Caranya

“Vaksinasi massal ini juga didukung oleh pihak-pihak yang memiliki tujuan tercapainya herd immunity di Yogyakarta. Adapun target penerima vaksin adalah masyarakat umum yang berada di Yogyakarta. Jadi, tidak hanya yang memiliki KTP Yogyakarta, karena DIY sebenarnya memiliki banyak pendatang. Salah satunya mahasiswa dari luar Yogyakarta yang selama pandemi tidak kembali ke daerah asalnya,” ujar Jessica.

Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Paku Alam yang hadir dalam pembukaan acara serta meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi pada hari Rabu, 25 Agustus 2021 mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan vaksinasi massal ini.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

MCCC Teguhkan Gerakan Jaga Kyai dan Santri

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:20 WIB
X