• Rabu, 1 Desember 2021

Kejar Target Merdeka Vaksin, Pemkot Yogya Terima Bantuan Puluhan Nakes

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:08 WIB
Ilustrasi vaksin Moderna  (ANTARA/Shutterstock)
Ilustrasi vaksin Moderna (ANTARA/Shutterstock)

YOGYA,harianmerapi.com-Pemerintah Kota Yogyakarta menerima tambahan puluhan tenaga medis dokter dari TNI. Penambahan tenaga medis tersebut diharapkan dapat mempercepat vaksinasi dan penanganan pasien Covid-19 di Kota Yogyakarta.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyebut Kota Yogyakarta mendapat tambahan tenaga dokter dari TNI Jakarta sebanyak 31 orang dan 30 dokter internship. Tambahan tenaga dokter tersebut diarahkan untuk membantu vaksinasi dan penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit maupun di shelter isolasi terpusat.

“Kami dorong untuk membantu vaksinasi dan ke rumah sakit maupun shelter isolasi terpusat,” kata Heroe, Jumat (13/8).

Baca Juga: Tenaga Vaksinator Minim, TNI Dilibatkan Suntikkan Vaksin di Kulonprogo

Heroe menyatakan selama ini Pemkot Yogyakarta mengerahkan sebanyak 323 tenaga vaksinator untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19. Penambahan dokter diharapkan dapat membantu mempercepat vaksinasi di Kota Yogyakarta dan mencapai kekebalan kelompok. Apalagi Pemkot Yogyakarta memiliki target Yogya Merdeka Vaksin di bulan Agustus ini.

“Jadi tambahan dokter bisa menambah kecepatan vaksinasi di Kota Yogyakarta,” imbuh Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta itu.
Pihaknya menjamin ketersediaan vaksin di Kota Yogyakarta untuk melaksanakan program vaksinasi Covid-19. Dia menjelaskan saat ini Kota Yogyakarta memiliki stok vaksin sekitar 68.000 dosis dan 8.400 dosis untuk vaksin boster tenaga kesehatan.

Dari jumlah itu sekitar 25.000 dosis vaksin untuk penyuntikan kedua dan sekitar 23.000 dosis guna penyuntikan pertama. Baik vaksin jenis Sinovac maupun AstraZeneca.

Baca Juga: Indonesia Kembali Kedatangan 5 Juta Dosis Vaksin Sinovac Bentuk Jadi, Total 185 Juta Dosis

“Ada sekitar 20.000 dosis vaksin yang sudah ada di fasilitas kesehatan dan dalam proses vaksinasi,” ujar Heroe.

Dia menyampaikan pada minggu depan akan menyusun jadwal vaksinasi. Stok vaksin akan didistribusikan pada program reguler melalui pelayanan di 18 puskesmas, 13 rumah sakit dan 2 klinik di Kota Yogyakarta. Di samping itu lewat kegiatan vaksinasi massal di beberapa titik di wilayah timur Yogya di XT Square, wilayah barat di Ngampilan dan utara di PDAM Kota Yogyakarta. Termasuk penjadwalan vaksinasi di beberapa sekolah dan masyarakat melalui kampung atau organisasi masyarakat.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Terkini

DIY Kini Miliki 134 Warisan Budaya Tak Benda

Jumat, 26 November 2021 | 10:55 WIB
X